sign up SIGN UP search


menyusui

Meski Memperlancar ASI, Benarkah Fenugreek Bikin Darah Drop?

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 10 Aug 2021 11:02 WIB
Fenugreek seeds with green leaves over white caption

Fenugreek selama ini dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat khususnya untuk ibu menyusui yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Berbicara mengenai fenugreek, selain bermanfaat untuk menggenjot aliran ASI, ternyata ada pula asumsi yang beredar bahwa fenugreek bikin darah drop. Benar enggak sih, Bunda?

Melansir The Health Site, ternyata biji fenugreek dikemas dengan banyak nutrisi yang dapat membantu seseorang mengelola kadar gula darah.

"Khususnya para pasien diabetes, sebaiknya memasukkan asupan ini ke dalam makanannya,"ujar Tanvi Chavan, ahli nutrisi klinik dari P.D Hinduja Hospital & MRC.


Fenugreek atau klabet merupakan tumbuhan dari keluarga Fabaceae. Klabet dapat digunakan untuk obat herbal dan sebagai rempah, dikenal juga dengan nama methi. Tumbuhan ini merupakan bumbu untuk pembuatan kari atau kare. 

Chavan mengungkapkan fenugreek juga membantu kesehatan pencernaan, menurunkan berat badan, membantu mengelola diabetes, mengurangi peradangan, meningkatkan kadar kolesterol, dan meningkatkan produksi ASI.

Chavan kemudian menjelaskan bahwa fenugreek tinggi serat dan mudah larut. Di dalam fenugreek sendiri juga terdapat komponen galactomannan dimana dikenal mampu mengurangi tingkat pencernaan/penundaan pengosongan lambung yang dapat menurunkan penyerapan karbohidrat dalam tubuh. Selain itu, fenugreek juga dapat membantu menurunkan darah, kadar gula, dan juga meningkatkan toleransi glukosa secara keseluruhan.

Chavan merekomendasikan asupan 12 gram fenugreek bubuk dengan air hangat di pagi hari saat perut kosong. Atau, Bunda juga bisa mengonsumsinya setengah sendok dua kali sehari untuk mengatur kadar gula darah. Atau, rendam dahulu fenugreek di dalam air selama 30 menit setelah itu rebus selama 15-20 menit kemudian minum air rebusan dari fenugreek.

Sebagai produk tanaman herbal, fenugreek juga tersedia dalam bentuk dan dosis sebagai kapsul, herbal mentah, bubuk fenugreek yang telah dihilangkan lemaknya, ekstrak cairan, dan bubuk yang terbuat dari biji yang dikeringkan.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Simak pula video tentang manfaat daun katuk untuk memperlancar ASI di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



APAKAH FENUGREEK BIKIN DARAH DROP?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!