sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Fenugreek untuk Payudara, Enggak Cuma Buat Booster ASI Lho Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 03 Oct 2021 10:00 WIB
fenugreek caption

Jakarta - Manfaat fenugreek bagi ibu menyusui dipercaya secara turun temurun untuk melancarkan ASI. Bunda pun dapat mengambil manfaat fenugreek untuk payudara secara maksimal untuk meningkatkan suplai ASI.

Bagi Bunda yang sering mengalami ASI seret, mencari ASI booster seperti fenugreek dapat menjadi penyelamat. Seperti diketahui, beberapa penelitian menunjukkan fenugreek dapat membantu produksi ASI. Itu sebabnya, fenugreek pun banyak diandalkan para pejuang ASI untuk membantu pasokan ASI selama menyusui.

"Fenugreek merupakan sumber nutrisi yang sempurna yang dibutuhkan tubuh dalam memproduksi ASI. Bunda juga dapat mencoba menambahkan daun fenugreek segar ke dalam salad ataupun makanan ringan," ujar Margaret Buxton, CNM DNP di Baby & Company, jaringan pusat kesehatan dan kebugaran wanita, seperti dikutip dari laman The Healthy.


Perlu bunda tahu nih, penggunaan fenugreek untuk tingkatkan produksi ASI sangatlah aman. Bunda menyusui dapat membeli fenugreek di toko-toko dengan mudah dalam bentuk teh ataupun suplemen.  Serta, Bunda dapat  mengonsumsinya tanpa harus memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu. 

Cara membuat teh fenugreek untuk tingkatkan ASI

Untuk membuat teh fenugreek di rumah, Bunda dapat membilas biji fenugreek dalam saringan. Kemudian, rebus air hingga mendidih dan masukkan biji fenugreek ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih tiga menit. Lalu saring bijinya dan masukkan ke dalam wadah penyimpanan. Bunda dapat menikmatinya dalam kondisi panas atau dingin untuk membantu meningkatkan ASI, seperti dikutip dari laman Utswmeb.

Oh ya, Bunda, agar lebih nikmat, Bunda juga dapat menambahkan madu, gula, lemon, atau campuran lainnya. Jika teh yang disimpan menjadi kental atau manis, tambahkan saja lebih banyak air untuk mengencerkannya kembali. Karena, semakin pekat tehnya, semakin pahit rasanya. Sehingga menambahkan air dan sedikit madu dapat membuat suguhan teh fenugreek lebih nikmat.

Manfaat fenugreek untuk payudara selain ASI booster

Berbicara mengenai manfaat fenugreek untuk payudara, ternyata tidak saja dapat meningkatkan ASI bagi Bunda yang menyusui saja, Bunda. Di luar itu, fenugreek juga dipercaya untuk meningkatkan ukuran payudara, seperti dikutip dari laman Patch.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk menyimak apa saja manfaat fenugreek untuk payudara.

Simak juga makanan yang bagus untuk tingkatkan ASI dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MENGULIK MANFAAT FENUGREEK UNTUK PAYUDARA, KATANYA BISA BESARKAN UKURAN PAYUDARA, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!