sign up SIGN UP search


menyusui

5 Alasan Penting Bunda Perlu Memberikan ASI Sampai Anak Berusia 2 Tahun

Annisa Karnesyia Jumat, 13 Aug 2021 11:00 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

ASI sebagai makanan pertama bayi telah dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahkan menyarankan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi.

Menurut Direktur Kesehatan Keluarga, dr. Erna Mulati, MSc, CMFM, pemberian ASI eksklusif dapat mencegah kematian dan masalah gizi. Apalagi mengingat, situasi kesehatan balita dan anak prasekolah di Indonesia menghadapi tantangan yang cukup besar.

"ASI itu sudah evidence based intervention untuk mengatasi masalah kematian bayi," kata Erna, dalam Webinar Pekan Menyusui Sedunia 2021: Kupas Tuntas Menyusui di Masa Pandemi, dikutip dari YouTube DKT Indonesia, Kamis (12/8/21).


"Angka kematian bayi kita cukup tinggi dibandingkan negara ASEAN lain. Di sisi lain, kualitas hidup indeks perkembangan juga tidak lebih tinggi dari Thailand dan Vietnam," sambungnya.

Pemberian ASI dapat dimulai segera setelah bayi lahir melalui proses Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Kemudian, ASI dapat dilanjutkan sampai anak berusia 2 tahun atau lebih.

Erna mengatakan bahwa pemberian ASI memang dianjurkan sampai usia anak 2 tahun atau lebih. Seperti kita ketahui, banyak sekali manfaat ASI yang bisa didapatkan anak mulai dari sejak lahir sampai usia 2 tahun kehidupan anak tersebut.

Bunda enggak perlu khawatir dengan kualitas ASI akan menurun seiring bertambahnya usia anak. Manfaat yang terkandung dalam ASI akan terus menyediakan kebutuhan perkembangan bayi di setiap tahap usia. Selain itu, kandungan ASI juga bisa mencegah anak sakit atau berisiko terkena infeksi.

Menurut Kemenkes, efek perlindungan ASI sangat kuat dalam melawan infeksi penyakit melalui peningkatan daya tahan tubuh anak. Sementara itu, menyusui sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kelangsungan hidup buah hati kita, Bunda.

Mulai sekarang, Bunda tak perlu takut untuk terus menyusui Si Kecil ya. Lalu apa saja kandungan ASI yang bermanfaat untuk anak sampai berusia 2 tahun atau lebih?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips pola makan sehat untuk Bunda menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KANDUNGAN ASI YANG BAIK UNTUK PERKEMBANGAN ANAK SESUAI USIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!