sign up SIGN UP search


menyusui

Mana yang Lebih Aman saat Busui Positif COVID-19, Sufor atau Tetap ASI?

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 24 Aug 2021 14:06 WIB
BERI SUFOR ATAU TETAP ASI SAAT IBU POSITIF COVID-19?
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption

Melansir Medela, ibu menyusui positif COVID-19 memang disarankan untuk tetap menyusui atau tetap memberikan ASI pada buah hatinya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ibu yang terinfeksi COVID-19 menularkan antibodi kepada bayinya melalui ASI.

Selain menyusui langsung, Bunda juga dapat memberikan ASI perah kepada bayi agar mereka tetap mendapatkan antibodi dan nutrisi melalui ASI yang Bunda berikan.

Mengenai apakah lebih aman memberikan susu formula jika ibu menyusui positif COVID-19, hal itu sebenarnya tidak direkomendasikan. UNICEF menyatakan bahwa menyusui merupakan metode pemberian makan bayi yang paling aman dan paling dapat diandalkan dalam keadaan darurat.


Dengan mempertimbangkan manfaat menyusui dan bukti mengenai peran kecil ASI dalam penularan virus pernapasan lainnya seperti yang dinyatakan UNICEF,  Academy of Breastfeeding Medicine, WHO, dan CDC, disarankan Bunda agar terus menyusui.

Menurut Kementerian Kesehatan RI pun menyampaikan sampai saat ini, belum ada bukti yang menunjukkan penularan COVID-19 secara langsung dari ibu ke anak melalui ASI. ASI justru memberikan efek perlindungan yang sangat kuat dalam melawan infeksi penyakit, yakni melalui peningkatan daya tahan tubuh anak.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!