sign up SIGN UP search


menyusui

4 Camilan ini Mampu Tingkatkan Produksi ASI, Enak dan Bergizi Bun

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 27 Aug 2021 14:16 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang sedang memakan buah-buahan segar caption

Jakarta - Buat Bunda yang berpengalaman menyusui, pastinya paham kalau rasa lapar berlebihan memang sesuatu yang wajar. Bahkan, selain 'makan besar', para ibu menyusui juga masih mencari-cari camilan untuk menuntaskan rasa lapar mereka. 

Nah untuk pilihan camilan, ada baiknya Bunda memilih camilan yang selain lezat juga kaya akan nutrisi agar dapat membantu mendongkrak produksi ASI agar lebih maksimal.

Apalagi, bagi Bunda yang ASI-nya tergolong 'seret' alias produksinya minim, camilan penambah ASI tentu menjadi snack andalan yang dapat dijadikan ASI booster.


Nah, berbicara mengenai camilan penambah ASI, memang sebaiknya tidak asal memilih ya, Bunda. Apalagi hanya mengandalkan camilan semacam junk food yang minim nutrisi. Bukannya menambah produksi ASI, tetapi malah membuat kualitas ASI menurun.

Anne Baerug, seorang ahli gizi dan Kepala Norwegian National Advisory Unit on Breastfeeding di Norwegia, seperti dikutip dari laman Sciencenorway, menyatakan asam lemak dalam ASI mungkin menjadi nutrisi yang paling dipengaruhi oleh pola makan.

Direktorat Kesehatan Norwegia mengatakan bahwa ASI mungkin rendah asam lemak omega-3. Karena itu, ibu menyusui disarankan makan ikan berlemak, mengonsumsi suplemen minyak ikan, atau makan makanan dengan kedelai atau minyak canola dan kenari.

Namun, bila Bunda ingin sekali menyantap makanan junk food, sebenarnya tak apa jika hanya sekali-kali dan dalam porsi kecil saja. Meski begitu, ibu menyusui tetap disarankan untuk menghindari kafein, alkohol, dan tembakau karena bahan aktif dalam zat tersebut bisa ditransfer ke ASI.

Serta, makanan manis dan berlemak, seperti cokelat dan kentang goreng tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah besar karena minim kalori atau rendah nutrisi.

Saran terbaik untuk camilan penambah ASI yakni sebaiknya Bunda mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. 

Apa saja makanan lain yang bisa dijadikan camilan penambah ASI? Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 6 makanan yang mampu tingkatkan kecerdasan bayi di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



4 PILIHAN CAMILAN PENAMBAH ASI, LEZAT & BERGIZI, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!