sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Manfaat Makan Lalapan Sayur Saat Menyusui, Bikin ASI Lancar & Kulit Glowing

Annisa Karnesyia Senin, 16 Aug 2021 16:17 WIB
Ibu Menyusui caption
Jakarta -

Menyusui tentunya melibatkan ikatan antara Bunda dan buah hati. Selama proses ini, penting bagi Bunda untuk memerhatikan asupan makanan sehat agar tubuh fit ya.

Menurut Ahli Gizi Masyarakat, DR.dr. Tan Shot Yen,M.hum, menyusui adalah proses yang alamiah. Maka untuk memulainya pun harus bersumber dari yang alamiah, termasuk dalam memilih makanan.

"Menyusui adalah proses alamiah, jadi harus dimulai dengan alamiah, yakni makan benar lalu gizi seimbang karena kita mengharapkan ibu sehat lalu, kemudian dia punya mental yang sehat," kata Tan, dalam Live Instagram HaiBunda 'Makan Sehat dan Aman untuk Ibu Menyusui', Senin (16/8/21).


Menurut Tan, Bunda yang menyusui tidak berbeda dengan yang tidak menyusui. Pada prinsipnya, semua manusia perlu makan sehat dan seimbang, terutama saat sedang hamil dan menyusui.

Makanan yang dikonsumsi selama menyusui harus terdiri dari tiga komponen penting makronutrien, yakni karbohidrat, protein, dan lemak. Sumber makanan diutamakan dari yang sehat, bukan makanan ultra proses ya.

"Selain seimbang, makanan harus dari sumber yang sehat. Jadi jangan asal main tabrak, misalnya makanan bungkus dibilang mengandung nutrisi, tapi apa sudah pasti sehat dan aman?" ujar Tan.

Selama menyusui, Bunda bisa makan tiga kali sehari ya. Di antara waktu makan, Bunda perlu menyelipkan makanan selingan atau camilan menyusui.

Hindari makanan manis atau kemasan karena ini bisa jadi penyebab berat badan Bunda naik saat menyusui. Ingat ya, menyusui yang benar dengan konsumsi makanan sehat justru bisa membuat tubuh langsing dengan cepat karena ASI mengandung lemak yang berkualitas.

Selain mengonsumsi tiga makronutrien penting, Bunda juga dapat makan sayur dan buah. Jenis sayuran hijau seperti lalapan bisa dipilih sebagai menu makan ketika menyusui.

Tan mengatakan, lalapan berisi sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi di lalapan bisa membantu meningkatkan produksi ASI secara alami, Bunda.

Tak hanya itu, konsumsi lalapan juga bisa bikin kulit glowing lho. Sebab, makanan ini mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

"Rajinlah makan lalapan, karena sayur hijau dikenal bisa membentuk ASI. Kalau makan lalapan sayur hijau, selain kulit kinclong, ASI juga bisa jadi banyak," kata Tan.

Tan menekankan pentingnya Bunda menjaga pola makan sehat dan aman selama menyusui. Dengan makan bergizi, Bunda bisa terhindar dari stres dan dapat merawat anak dengan baik.

"Ibu menyusui harus menolong dirinya sendiri dengan gizi yang sehat sebelum memberi makan anaknya. Kalau badan ibu fit, anak akan dirawat dengan baik dan ibu juga enggak gampang marah," ujarnya.

Simak juga tips pola makan sehat Bunda menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!