sign up SIGN UP search


menyusui

3 Resep ASI Booster Alami ala Dr. Zaidul Akbar, Mudah Banget Dibuat Bun

Annisa Karnesyia Sabtu, 04 Sep 2021 12:22 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Produksi ASI bisa menurun saat menyusui buah hati lho. Untuk meningkat suplai ASI, Bunda bisa konsumsi ASI booster alami dari makanan.

Menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDS), salah satu alasan Bunda berhenti menyusui adalah produksi ASI yang tidak mencukupi. Sekitar 75 persen dari ibu baru yang mulai menyusui, berhenti sementara atau selamanya di bulan pertama karena masalah ini.

ASI booster biasanya menjadi pilihan utama para Bunda untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Ada banyak jenis bahan makanan yang dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI.


Dokter sekaligus penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR), dr. Zaidul Akbar, menyarankan Bunda menyusui untuk konsumsi bahan alami sebagai ASI booster. Salah satunya adalah rutin minum air putih atau konsumsi kurma.

"Rutinkan mengonsumsi air kelapa, madu, kurma, habbatusauda, dan air mineral selama menyusui," tulis dr. Zaidul Akbar dalam buku Resep Sehat JSR 200 Resep Menyehatkan.

Ia juga menyarankan Bunda menyusui untuk konsumsi makanan bergizi. Salah satunya adalah sayuran, buah-buahan, dan probiotik.

"Jangan lupa juga sering mengonsumsi sayur, buah, dan prebiotik," ujar lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini.

Selain konsumsi makanan tersebut, dr. Zaidul Akbar juga memiliki resep khusus untuk membuat ASI booster alami yang menyehatkan. Berikut 3 resepnya:

1. Resep pertama

Bahan:

  1. 1/2 buah alpukat berukuran besar
  2. 5 atau 7 butir kurma
  3. 200 ml susu kambing cair
  4. Madu secukupnya

Cara membuat:

Campurkan semua bahan hingga merata dan menu ASI booster bisa langsung disantap selama menyusui. Selain bahan campuran bahan makanan ini, Bunda sebaiknya perbanyak konsumsi kacang-kacangan, seperti kacang kenari, pistachio, dan kacang Arab.

Baca halaman berikutnya untuk tahu 2 resep ASI booster lainnya dari dr. Zaidul Akbar.

Simak juga 4 makanan yang perlu Bunda hindari saat menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

RESEP ASI BOOTER DARI ALMOND DAN JAHE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!