sign up SIGN UP search


menyusui

3 Dampak Bingung Puting pada Bayi, Benarkah Akibat Terlalu Cepat Kenal Botol Susu?

Dewi Ratna Senin, 06 Sep 2021 18:35 WIB
Affectionate mother feeding bottle to her baby caption

Jakarta - Ada banyak hal baru yang bakal Bunda dapatkan saat pertama kali menjadi ibu menyusui. Prosesnya tak selalu berjalan mulus, kadang ada saja hambatan atau masalah saat menyusui, termasuk saat Si Kecil mengalami bingung puting.

Dilansir Very Well Family, disebutkan bahwa bingung puting kadang terjadi saat bayi yang baru saja lahir langsung dikenalkan pada puting buatan seperti dot pada botol susu. Tidak semuanya begitu, tapi cenderung seperti itu yang terjadi.

Bayi belajar mengisap secara berbeda pada berbagai jenis puting, sedangkan bentuk dot botol tidak sama dengan puting pada payudara. Selain itu, derasnya aliran susu dari dot botol juga tidak sama dengan ASI dari payudara Bunda langsung.


Tanda-tanda Bingung Puting

Saat Si Kecil terbiasa dengan pola dan aliran mengisap dari dot botol, kemungkinan mereka akan bingung dan mengalami kesulitan saat mengisap payudara. Parahnya lagi, mereka nantinya mungkin akan benar-benar menolak menyusu dari payudara Bunda.

Bingung puting ini memang tidak terjadi pada semua bayi. Beberapa di antaranya bisa menjalani pola mengonsumsi susu dengan botol dot dan dari payudara Bunda secara bergantian.

Jika memungkinkan, lebih baik menunggu sampai 4 minggu setelah kelahirannya, untuk mulai memperkenalkan puting buatan atau dot botol. Bayi mungkin mengalami bingung puting saat dot botol diberikan sebelum momen menyusu dari payudara Bunda sudah mantap.

Ibu menyusuiIlustrasi bayi ASI bingung puting/ Foto: iStock

Penyebab Bingung Puting

Beberapa bayi memang lebih rentan mengalami bingung puting. Selain karena memang alami rentan, ada juga hal-hal tertentu yang dapat meningkatkan kemungkinan bayi mengalami bingung puting.

Secara umum, bayi yang diberi dot botol terlalu dini, mungkin akan mengalami kesalahan pola isap yang salah saat diberi ASI dari payudara Bunda. Di saat tersebut, Bunda bisa memberinya botol khusus yang dapat membantu bayi belajar mengisap atau menyusu dengan benar.

So, karena pola isap yang salah bisa menjadi penyebab utama bingung puting, maka botol khusus tersebut yang bisa jadi solusinya. Botol dengan dot panjang mencapai area di mana langit-langit mulut yang keras dan lunak bertemu, akan membantu bayi yang punya masalah mengisap parah, untuk beralih ke pola menyusu ibu.

Ada 3 akibat bingung puting yang harus Bunda tahu di halaman berikut ini! Klik halaman selanjutnya ya.

Bunda, simak juga yuk cara memilih botol susu yang tepat seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



AKIBAT BAYI ALAMI BINGUNG PUTING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!