sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tanda Bayi Kurang ASI, Cari Tahu Bagaimana Mengatasinya Bun

Dewi Ratna Sabtu, 11 Sep 2021 19:02 WIB
CARA MENGATASI BAYI KURANG ASI
Ilustrasi nama bayi caption

Produksi ASI rendah bikin bayi kurang ASI

Produksi ASI yang sedikit membuat Si Kecil tidak dapat menyusu dengan optimal juga. Hal ini yang juga bisa jadi salah satu penyebab bayi kurang ASI. Bunda harus tahu beberapa faktor yang bisa menyebabkan rendahnya suplai ASI selama menyusui.

Selain karena tidak segera mulai menyusui, tidak cukup sering menyusui, adanya pemberian susu tambahan, dan pelekatan yang kurang pas, serta penggunaan obat tertentu, ada juga beberapa faktor lain yang memengaruhi produksi ASI seperti berikut:

  • Lahir prematur
  • Bunda¬†yang obesitas
  • Tekanan darah tinggi karena kehamilan
  • Diabetes yang sudah tergantung insulin, yang tidak terkontrol dengan baik

Well, meskipun banyak perempuan khawatir akan suplai ASI yang rendah, produksi ASI yang tidak mencukupi ini jarang sekali terjadi pada ibu menyusui. Seperti dilansir dari Mayoclinic, faktanya, kebanyakan bunda menghasilkan sepertiga lebih banyak ASI daripada yang dibutuhkan bayi.


Cara mengatasi bayi kurang ASI

Apa sih yang harus Bunda lakukan jika bayi tidak cukup mendapatkan asupan ASI? Mengingat penyebab bayi kurang ASI bisa berbeda antara ibu dan bayi yang satu dengan lainnya, maka langsung saja Bunda temui dokter Si Kecil atau ahli laktasi untuk berkonsultasi.

Mereka akan membantu Bunda dan bayi menemukan penyebab bayi kurang ASI yang lebih spesifik dan membantu mencari cara untuk mengatasinya. Biasanya, masalah kurang ASI ini tak jauh-jauh dari bagaimana perlekatan mulut bayi pada payudara, suplai ASI yang rendah, posisi menyusui, dan lain-lain.

(som/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!