sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi Kurang ASI Dapat Diketahui dari Berat Badannya, Simak Cara Mendeteksinya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 02 Aug 2022 11:20 WIB
Selected focus on little cute baby crying on her mother hand. Bayi Kurang ASI Dapat Diketahui dari Berat Badannya, Simak Cara Mendeteksinya/Foto: iStock
Jakarta -

Bayi sering kali merasa lapar meski telah menyusu baik itu secara langsung maupun dengan botol. Lantas, adakah bahaya bayi kurang ASI jika tak lagi disusui kembali ya, Bunda?

Bagi ibu baru, mengetahui apakah bayi sudah cukup ASI atau belum mungkin tidaklah mudah. Tak jarang, saat bayi menunjukkan beberapa tanda masih kurang ASI, ibu baru pun tidak menangkap sinyal tersebut.

Padahal, seharusnya saat bayi menunjukkan tanda kurang ASI, sebaiknya Bunda segera kembali menyusui Si Kecil.


"Bayi biasanya akan memberitahu misalnya dengan popok basah yang menjadi indikasi bayi cukup ASI," ujar Zoe Ralph, penggiat nutrisi pada bayi di Manchester seperti dikutip dari laman Nhs.

Ya, saat popok bayi penuh biasanya memang jadi indikasi bayi mendapatkan ASI dengan baik. Saat hal tersebut tak Bunda temui, bisa jadi bayi Bunda memang kekurangan ASI. Karena itu, perhatikan lebih saksama sehingga Bunda mengetahui kebutuhan dari buah hati.

Bunda perlu pahami bila bayi kekurangan ASI

Sering kali, banyak juga bayi yang mengalami kekurangan ASI dan ibu yang bersangkutan tak mengetahuinya. Sebaiknya, hal ini memang dapat diminimalisasi. Seiring perjalanan waktu, setiap ibu akan mengenali sinyal dari buah hatinya termasuk saat bayi tak mendapatkan ASI yang cukup.

Menurut praktisi menyusui, Casey Rosen, MD, MPH, MEd, saat bayi lapar dan mereka tidak mendapatkan cukup ASI dari payudara ibu, mereka perlu mendapatkannya kembali.

Jika laktogenesis belum terjadi dan pada hari kedua atau ketiga bayi tidak menyusu penuh di payudara dan mereka tidak buang air kecil atau BAB, ada baiknya melakukan rencana pemberian makan bayi yang mencakup suplementasi, seperti dikutip dari laman Babyfriendlyusa.

Bobbi Philipp seorang dokter anak dan mantan Direktur Mother Baby Unit di Boston Medical Center juga mengatakan jika Bunda melihat tanda-tanda bahwa ASI ibu tidak cukup Bunda perlu memberikan makan bayi tersebut. Dan, jika ibu benar-benar berkomitmen untuk menyusui, Bunda harus menjembatani celah dengan cara untuk mendukungnya, memberikan makan bayi dan menjaga kualitas ASI yang diberikan.

Beberapa dampak yang mungkin muncul saat bayi tak mendapatkan cukup ASI, salah satunya bayi tampak kurus ya, Bunda. Kurus mungkin bukan hal yang perlu dikhawatirkan berlebihan. Tetapi, beberapa alasan memang perlu membuat Bunda khawatir saat bayi kekurangan berat badan. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tantangan yang dihadapi Bunda pejuang ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



PANTAU BERAT BADAN BAYI UNTUK TAHU APAKAH IA KEKURANGAN ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!