sign up SIGN UP search


menyusui

Rekomendasi 5 Buah Pelancar ASI Paling Ampuh dengan Rasa Paling Lezat

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 17 May 2022 14:10 WIB
healthy fresh mixed fruits on white wooden table caption
Jakarta -

ASI memiliki peranan penting untuk tumbuh kembang seorang bayi. Peran ASI antara lain sebagai sumber zat gizi dan zat anti-bodi yang dapat melindungi bayi dari bakteri dan virus yang menjadi penyebab timbulnya penyakit. Oleh karena itu, seorang Bunda pasti ingin memenuhi kebutuhan ASI bagi anaknya hingga usia dua tahun.

Buah pelancar asi

Tapi, bagaimana dengan ibu yang produksi ASI-nya tidak lancar? Berikut adalah beberapa rekomendasi buah pelancar ASI yang ampun untuk dicoba di rumah.


1. Pisang

Resep Setup Pisang Kepok KuningPisang/ Foto: iStock

Buah dengan warna kuning ini menjadi salah satu buah pelancar ASI terbaik karena memiliki kandungan kalium, asam folat, serat, vitamin B6, dan vitamin C yang sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan hingga laktasi. Dengan mengonsumsi satu buah pisang, seorang ibu menyusui sudah dapat memenuhi 450 miligram kalium dari total 5.100 miligram kalium yang dibutuhkan oleh seseorang selama menyusui. Pisang juga dapat membantu mengatur gula darah dalam tubuh, memenuhi kebutuhan kalori harian yang hilang, hingga membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit bagi ibu menyusui.


Banner 5 Tanda Janin MeninggalBanner 5 Tanda Janin Meninggal/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

2. Jeruk

Selain buah pisang, jeruk juga menjadi buah untuk memperlancar produksi ASI yang mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Buah jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C dan kalsium yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat sendi, menumbuhkan gigi, dan otot bayi.

Buah jeruk juga mengandung banyak nutrisi lainnya seperti mineral, serat, vitamin B1, folat, potasium, hingga anti-oksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Semua manfaat ini bisa Bunda dapat jika mengonsumsinya ecara rutin selama menjalani proses menyusui.

3. Kurma

Manfaat kurmaKurma/ Foto: iStock

Kurma, sebagai buah yang lekat dengan umat Muslim, juga dapat menjadi buah pelancar ASI karena memiliki beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Kurma diketahui mengandung vitamin B6 dan zat besi. Tidak hanya itu, mengonsumsi kurma juga terbukti dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin atau hormon yang mendorong produksi ASI.

4. Alpukat

Buah alpukat cocok dijadikan sebagai buah pelancar ASI karena mengandung banyak sekali nutrisi. Antara lain vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, folat, hingga asam amino yang dapat menyusun pembentukan protein untuk meningkatkan pertumbuhan sel dalam tubuh ibu dan bayi.

Selain itu, alpukat juga merupakan buah yang kaya akan kandungan lemak hampir 80 persen. Lemak tersebut sangat berguna untuk pemenuhan kebutuhan kalori yang meningkat, membangkitkan energi, dan mempertahankan rasa kenyang pada ibu selama proses menyusui.

5. Pepaya hijau

Sambal Godog Pepaya MudaPepaya hijau/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah pepaya. Kandungan nutrisi dalam satu buah pepaya antara lain serat, folat, magnesium, vitamin A, vitamin B, vitamin C. Pepaya hijau sangat disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil tua untuk memicu proses kontraksi.

Kandungan-kandungan nutrisi dalam pepaya yang belum sepenuhnya matang ini dapat membantu meningkatkan kadar hormon prolaktin dan oksitosin yang dapat memperlancar produksi ASI. Tak hanya itu, dengan rutin mengonsumsi pepaya hijau juga dapat menjaga kesehatan pencernaan, jantung, mengatasi infeksi, meringankan peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh hingga menjaga kesehatan kulit.

Itulah beberapa rekomendasi buah pelancar ASI yang dapat mudah ditemukan dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian selama proses menyusui. Selain mengonsumsi buah-buahan, ada baiknya Bunda juga tetap memperhatikan konsumsi makanan dan minuman lainnya agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi dengan baik. Semoga bermanfaat. (PK)

Simak juga video berikut mengenai penyebab bibir bayi hitam setelah minum ASI:

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!