sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Mengatasi Radang Kelenjar Susu, Nomor 4 Cara Paling Mudah Bun!

Tim HaiBunda Senin, 13 Sep 2021 10:06 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Selama menikmati peran menjadi Bunda, tantangan terbarunya adalah menyusui Si Kecil. Namun, ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa menjadi hambatan seperti radang kelenjar susu.

Kondisi yang juga dikenal dengan istilah mastitis ini cukup banyak terjadi di ibu menyusui. Kondisi ini ditandai dengan rasa hangat serta nyeri di payudara. Bahkan gejalanya dapat mirip dengan flu sampai infeksi.

Selain dengan mendapat bantuan medis, Bunda juga bisa mengatasinya dengan pertolongan pertama di rumah. Nah, berikut adalah beberapa cara mengatasi mastitis.


Banner Bule Perancis Nangis Biaya Karantina di JakartaFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Perawatan di Rumah untuk Atasi Radang Kelenjar Susu

Jika mengalami mastitis, penting untuk Bunda segera hubungi dokter dan mengonsultasikannya. Namun Bunda juga disarankan untuk melakukan perawatan di rumah. Berikut beberapa caranya:

1. Istirahat cukup

Istirahat yang cukup penting sekali ketika Bunda mengalami mastitis. Walaupun sulit untuk dapat beristirahat banyak sembari merawat Si Kecil, tapi Bunda bisa mencoba untuk mengurangi aktivitas.

Pertimbangkan pula untuk meminta bantuan pada pasangan ataupun keluarga untuk merawat Si Kecil dalam beberapa hari. Ini tujuannya supaya Bunda dapat beristirahat dengan cukup. Hindari pula stress dan rasa bersalah ketika meminta bantuan, pasalnya istirahat cukup memang benar-benar penting supaya mastitis cepat sembuh.

2. Susui Si Kecil sesering mungkin

Cara mengatasi mastitis selanjutnya adalah menyusui bayi Bunda dengan sesering mungkin. Meskipun Bunda merasakan tak nyaman dan sakit, Bunda perlu untuk menyusui bayi sesering mungkin ketika alami radang kelenjar susu. Isapan Si Kecil di payudara Bunda membantu untuk mengurangi pembengkakan dan penyumbatan di payudara.

3. Melakukan pijat payudara

Pijat payudara yang efektif adalah dilakukan sebelum menyusui. Lakukan dengan dimulai dari mengompres payudara dengan air hangat dan dingin secara bergantian.

Kemudian, jika ada Si Ayah, bantu dengan memijat bagian punggung. Selanjutnya Bunda pijat sendiri payudara bagian atas dengan cara memutar searah jarum jam. Rasa hangat dan nyaman yang dihasilkan dari pijatan ini membuat saluran ASI makin terbuka dan melancarkannya. Juga bisa untuk mengatasi radang kelenjar susu.

4. Lebih banyak minum air putih

Saat menyusui kebutuhan hidrasi bunda secara signifikan meningkat tanpa disadari. Dengan minum air putih lebih banyak akan membantu dalam menjaga produksi ASI.

Lebih banyak ASI, maka lebih banyak sesi untuk Bunda menyusui. Dengan begitu, banyak pula kesempatan Bunda untuk membersihkan sumbatan serta ketidaknyamanan di saluran ASI.

5. Minum obat pereda nyeri

Sekarang ini ada banyak obat pereda nyeri yang dijual secara bebas dengan kandangan yang aman bagi ibu menyusui. Kandungan yang terdapat di dalamnya juga mampu untuk meredakan nyeri karena mastitis.

Jika memang tidak yakin dengan kandungan obat tersebut, Bunda bisa menanyakan pada dokter ataupun apoteker. Lalu selalu perhatikan dan baca label obat untuk pastikan dosis yang disarankan.

Itulah beberapa cara perawatan di rumah yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi radang kelenjar susu. Apabila gejalanya tidak kunjung mereda setelah Bunda melakukan perawatan di rumah, maka segera hubungi dokter. (PK)

Simak juga video berikut mengenai penyebab Bunda mengalami mastitis berulang.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!