sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi Mungkin Jadi Penyebab Mastitis tapi Juga Penyembuh Paling Jitu

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 31 Jul 2022 12:12 WIB
Ilustrasi menyusui Bayi Mungkin Jadi Penyebab Mastitis tapi Juga Penyembuh Paling Jitu/Foto: Getty Images/iStockphoto/kdshutterman
Jakarta -

Menyusui bayi saat sedang alami mastitis pasti sangat menyakitkan ya, Bunda. Apalagi, kondisi payudara bengkak dan bayi terus menangis karena tak sabar menyusu.

Hmm, bagaimana ya cara terbaik menyusui bayi saat mastitis untuk meminimalkan rasa sakitnya? Cari tahu yuk, Bunda.

Saat mengalami mastitis, biasanya banyak busui memutuskan untuk menghentikan menyusui dan beralih ke susu botol sementara waktu. Hal ini memang wajar ya, Bunda. Apalagi, kondisi mastitis bukanlah kondisi yang mudah dilalui.


Rasa nyeri bercampur kemerahan pada payudara dan bengkak, belum lagi bila disertai tubuh demam dapat membuat busui banyak memilih untuk menghentikan menyusui untuk sementara waktu sampai payudaranya terasa pulih kembali.

Nah, sebenarnya hal tersebut sah-sah saja ya, Bunda. Hanya saja sebaiknya proses menyusui memang terus berlangsung.

Mastitis bisa disembuhkan bayi lebih cepat

Melansir Romper, kabar baiknya bahwa bayi merupakan teman terbaik saat busui mengalami mastitis. Peradangan jaringan payudara mungkin tidak berhubungan dengan infeksi dan siapa saja bisa terkena mastitis. Tetapi, mastitis memang merupakan kondisi yang paling umum terjadi pada busui terutama saat enam bulan pertama menyusui.

Beruntungnya, bayi kecil yang lucu mungkin dapat menjadi penyebab mastitis tetapi juga mereka menjadi faktor yang dapat menyembuhkannya. "Mastitis mungkin dapat memengaruhi bayi tetapi juga mereka benar-benar dapat menyembuhkannya lebih cepat jika menyusui dengan baik di sisi yang mengalami mastitis," ujar Ashley Georgakopolous, Motif Lactation Director.

Meski demikian, saat mastitis berkembang ke titik yang membutuhkan antibiotik, penting untuk memastikan dokter meresepkan obat yang tepat sehingga melanjutkan menyusui dapat dilakukan dengan aman. Dalam kasus yang lebih parah, ketika mastitis menyebabkan abses tentunya diperlukan prosedur pembedahan untuk mengeringkan area yang terkena.

Cara mencegah mastitis

Supaya busui tidak mengalami mastitis, bisa melakukan beberapa upaya berikut ini, seperti dikutip dari Thewomens:

  • Pastikan untuk sering menyusui bayi guna mencegah mastitis. Jika tidak, rutinlah memompa ASI untuk mengosongkan payudara.
  • Jaga pula kebersihan payudara untuk menghindari bakteri masuk ke kulit.
  • Ketika bayi tertidur, bangunkan selalu bayi untuk menyusu terutama saat payudara terlalu penuh.
  • Jika bayi tak mau menyusu, Bunda perlu memerahnya perlahan.

Ketahui tips lain di halaman selanjutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab Bunda bisa alami mastitis berulang.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENCEGAH MASTITIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!