sign up SIGN UP search


menyusui

5 Makanan Ibu Menyusui Bantu Bikin Anak Gemuk, Enak dan Gampang Didapat

Meita Fajriana Minggu, 12 Sep 2021 08:40 WIB
Manfaat makan alpukat tiap hari caption

Jakarta - Semua Bunda tentu ingin anaknya tumbuh sehat. Berbagai cara akan Bunda lakukan, termasuk mengonsumsi makanan yang sehat saat menyusui, agar dapat memberikan nutrisi terbaik untuk Si Kecil. Bonusnya Bunda bisa membuat anak memiliki badan yang gemuk dan sehat. Penasaran makanan apa saja yang bisa Bunda konsumsi saat menyusui untuk membuat anak gemuk?

Melansir dari laman Very Well Family, apa yang Bunda makan saat menyusui dapat memengaruhi pertumbuhan bayi Bunda. Meskipun Air Susu Ibu (ASI) tetap merupakan makanan terbaik terlepas dari apapun yang Bunda makan, tetapi tetap penting untuk memilih makanan yang baik dan sehat ya Bunda.

Ketika Bunda mengonsumsi makanan sehat, juga dapat membantu untuk menggantikan nutrisi yang hilang dari tubuh Bunda selama menyusui dan memastikan bahwa ASI Bunda bergizi sehingga Si Kecil tumbuh sehat dan gemuk Bunda. 


Lantas apa saja makanan untuk ibu menyusui yang bisa bikin badan anak Bunda sehat dan gemuk? Berikut penjelasannya dilansir dari laman Parents: 

1. Alpukat

Alpukat adalah sumber nutrisi bagi ibu menyusui. Saat menyusui, Bunda kerap mengalami kondisi sering merasa sangat lapar. Hal ini dikarenakan meningkatnya kebutuhan kalori saat menyusui, sementara Bunda hanya memiliki sedikit waktu untuk menyiapkan makanan.

Alpukat bisa menjadi solusi karena lebih praktis. Alpukat mengandung hampir 80 persen lemak dan membantu Bunda untuk merasa kenyang lebih lama. Selain itu tentunya memberi tubuh Bunda dan Si Kecil lemak yang menyehatkan jantung. Alpukat juga merupakan sumber vitamin B, vitamin K, folat, potasium, vitamin C, dan vitamin E yang baik tubuh Bunda dan Si Kecil.

5 Cara Mengolah Alpukat yang Enak dan Sehatkan PencernaanAlpukat untuk ibu menyusui/ Foto: iStock

2. Kacang

Makanan tinggi nutrisi lainnya yang baik untuk ibu menyusui adalah kacang-kacangan. Kacang kaya akan mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan seng serta vitamin K dan vitamin B. Kacang juga merupakan sumber asam lemak esensial dan protein yang sehat. Selain kandungan nutrisinya yang tidak perlu diragukan lagi, kacang-kacangan juga berfungsi sebagai laktogenik yaitu makanan yang membantu memproduksi ASI. Cocok nih jadi booster ASI Bunda. 

3. Jamur

Jamur awalnya tidak dianggap sebagai makanan laktogenik atau ASI Booster Bunda, tetapi jenis jamur tertentu merupakan sumber polisakarida beta-glukan yang baik. Kandungan ini dianggap sebagai agen laktogenik utama yang juga terdapat pada gandum dan oat. Jadi banyak ahli menyimpulkan bahwa makanan lain yang tinggi beta-glukan seperti jamur juga akan memiliki efek laktogenik yang sama.

Simak makanan lain yang bagus untuk ASI ibu menyusui yuk, sehingga anak bisa menjadi gemuk. Klik dulu halaman selanjutnya!

Bunda juga perlu tahu nih, makanan yang sebaiknya dihindari saat menyusui. Klik videonya ya!

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN UNTUK IBU MENYUSUI BIKIN BAYI GEMUK, COBA BROKOLI YUK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!