sign up SIGN UP search


menyusui

5 Rekomendasi Makanan Pengental ASI & Tips Agar Produksinya Konsisten

Annisa Afani   |   Haibunda Selasa, 28 Dec 2021 10:40 WIB
Ilustrasi ibu menyusui makan makanan bervitamin caption
Jakarta -

Menyusui memang memiliki banyak tantangan ya, Bunda. Meski begitu, tak ada kata terlambat untuk belajar dan menemukan hal baru demi memberikan ASI terbaik untuk si Kecil.

Misalnya saja soal tips untuk membuat ASI lebih kental dan meningkatkan produksinya agar lancar setiap hari. Ternyata, hal tersebut bisa diperoleh jika Bunda mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Makanan yang perlu Bunda konsumsi ini tak mahal, kok. Justru, ini makanan yang mudah dijumpai dan diperoleh di mana saja. Mau tahu apa saja makanan bermanfaat itu? Berikut ulasannya!


Makanan Pengental ASI yang Efektif Bagi Ibu Menyusui:

1. Bayam

Baik bayam hijau ataupun bayam merah keduanya cukup efektif sebagai makanan untuk pengental ASI dan meningkatkan jumlah produksinya. Selain itu, bayam memiliki kandungan vitamin D, B6, dan karoten yang akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Bunda menyusui serta Si Kecil pun terjaga kesehatannya.

2. Pisang

Buah yang satu ini mengandung kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh yang berdampak pada kualitas serta tingkat kekentalan ASI yang dihasilkan.

3. Wortel

Wortel diketahui mengandung enzim phytoestrogens yang berfungsi untuk meningkatkan produksi dan nutrisi ASI. Ditambah lagi vitamin A pada wortel yang juga bisa meningkatkan kualitas ASI ibu menyusui.

4. Pepaya

Buah berwarna jingga ini dipercaya mampu meningkatkan produksi hormon oksitosin yang memengaruhi kelancaran ASI. Pepaya juga mengandung vitamin A, B, C, dan E yang akan membuat kualitas ASI meningkat.

5. Tempe dan tahu

Kedua makanan ini sama-sama berbahan dasar kacang kedelai yang merupakan sumber protein nabati. Serta,kandungan vitamin B6, serat dan zinc pada tempe dan tahu dinilai dapat membuat ASI semakin banyak, kental dan bernutrisi.

Setelah Bunda mengetahui makanan yang bisa digunakan sebagai pengental ASI alami, maka selanjutnya yang perlu Bunda pahami adalah tips supaya produksi ASI selalu konsisten dan kental setiap harinya.

Tips Supaya Produksi ASI Kental dan Konsisten Setiap Harinya:

  • Minum air putih yang cukup
  • Konsumsi makanan yang bergizi dan vitamin
  • Sering menyusui

Di samping makanan pengental asi di atas, terdapat juga makanan yang apabila dikonsumsi oleh ibu menyusui dapat memperlancar keluarnya ASI, seperti:

Makanan Pelancar ASI:

1. Daun katuk

Daun yang biasa dimasak kuah bening ini dipercaya mampu memperlancar ASI hingga 50 persen. Jadi tidak ada salahnya jika Bunda mencoba menu masak hari ini dengan katuk terlebih dahulu.

2. Beras merah

Beras merah memiliki kandungan senyawa galaktogogus yang baik untuk kelancaran ASI. Selain itu, beras merah juga dapat meningkatkan nafsu makan, membantu proses pemulihan setelah melahirkan, dan menjaga kadar gula darah.

3. Oat

Makanan sehat ini dinilai mampu memperlancar ASI serta mencukupi kebutuhan kalori dalam tubuh.

Dan, tahukah Bunda bahwa selain makanan ternyata stress juga bisa memengaruhi produksi ASI? Maka di samping mengkonsumsi makanan pengental ASI, Bunda sebaiknya beristirahat dengan cukup dan melakukan olahraga secara rutin untuk mengelola tingkat stress. Di sisi lain, Bunda juga bisa berkonsultasi ke konsultan laktasi untuk membantu mengatasi masalah ASI. (PK)

Bunda, simak juga makanan yang wajib dikonsumsi ibu menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!