sign up SIGN UP search


menyusui

4 Khasiat Daun Katuk Selain Lancarkan ASI, Bonus untuk Busui Nih

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 21 Jul 2022 07:19 WIB
asian, cooked, crisp, cuisine, dish, food, fried, garlic, gourmet, green, meal, meat, sauce, spicy, stir, stir-fry, vegetable,thai,thai food,Sauropus androgynus caption
Jakarta -

Selama ini, daun katuk lebih dikenal sebagai tanaman atau sayur yang ampuh sebagai pelancar alami ASI, khususnya oleh ibu menyusui ya.

Oleh sebab itu, banyak ibu yang sedang menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi baik berbagai olahan maupun sajian berbahan daun katuk supaya produksi ASI lancar dan nutrisi untuk bayi juga bisa terpenuhi.

Namun, tak terbatas pada ibu menyusui, ternyata daun katuk memiliki manfaat kesehatan lain lho sehingga bagus juga bila dikonsumsi siapa pun.


Banner Cara Tingkatkan Daya Ingat AnakFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

4 Khasiat daun katuk selain pelancar ASI

Katuk atau Sauropus androgynous memiliki daun yang ukurannya kecil dan berwarna hijau gelap pada bagian tengahnya. Di Indonesia, daun katuk biasa digunakan mulai sebagai bahan masakan hingga suplemen.

Meskipun rasanya agak pahit, bila diolah dengan tepat akan tercipta sajian sayur yang lezat, gurih, dan pastinya sehat ya. Lalu, apa saja manfaat daun katuk selain untuk memperlancar ASI ?

1. Khasiat daun katuk membantu untuk menurunkan kadar gula darah

Berbagai riset sudah dapat menunjukkan khasiat daun katuk ini bisa membantu untuk menurunkan kadar gula darah lebih efektif dan membantu untuk menjaganya agar tetap dalam keadaan yang stabil.

Oleh sebab itu, jika Bunda mengidap diabetes atau mempunyai risiko diabetes, tanaman yang satu ini akan begitu sangat bermanfaat untuk dikonsumsi dengan rutin.

2. Daun katuk bisa mencegah obesitas

Daun katuk pelancar ASI ini mungkin sudah banyak tahu juga bisa membantu untuk mencegah obesitas. Obesitas adalah sebuah faktor risiko dari berbagai penyakit kronis. Misalnya, diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke dan serangan jantung.

Itulah kenapa, risiko obesitas harus bisa Bunda cegah sedini mungkin agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan umur panjang. Dari berbagai macam cara yang bisa dilakukan agar dapat mencegah obesitas, salah satunya adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun katuk.

Ada sebuah studi yang menunjukkan pembentukan jaringan lemak bisa dibantu untuk dikurangi dengan cara mengonsumsi ekstrak daun katuk dengan rutin.

3. Khasiat daun katuk bisa mempercepat penyembuhan luka

Selain untuk kandungan antioksidan, ada juga kandungan anti bakteri beserta anti radang pada tanaman herbal tersebut. Oleh sebab itu, tanaman ini juga sudah banyak diyakini bisa untuk membantu dalam mempercepat proses penyembuhan luka dan juga pemulihan dengan cara yang lebih alami.

4. Daun katuk dapat mengatasi peradangan

Daun katuk pelancar ASI ini memiliki kandungan anti radang atau anti inflamasi yang bisa membantu untuk mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh kita.

Sebagai tambahan informasi, peradangan ini sebenarnya adalah sebuah proses secara alami yang ada pada tubuh ketika terjadi cedera maupun infeksi. Peradangan ini nantinya dapat pulih secara perlahan dengan sendirinya di saat kondisi sedang normal.

Hanya saja, akan ada beberapa kasus peradangan tersebut akan terjadi di dalam waktu yang sangat lama dan terlihat seolah-olah tidak akan kunjung mereda. Apabila nantinya dibiarkan begitu saja, peradangan yang berkepanjangan bisa memunculkan risiko masalah kesehatan yang jauh lebih serius seperti kanker dan penyakit jantung.(PK)

Itulah 4 khasiat daun katuk yang bisa dikonsumsi oleh siapa pun, termasuk busui.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang manfaat lain daun katuk untuk cegah obesitas.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!