sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui, Bunda Perlu Tahu

Meita Fajriana Sabtu, 18 Sep 2021 15:59 WIB
ilustrasi menyusui caption

Setelah hamil dan menyusui, Bunda biasanya akan mengalami perubahan pada payudara. Hal ini terkadang membuat Bunda tidak percaya diri. Namun, jangan khawatir karena Bunda bisa melakukan beberapa cara untuk mengencangkan payudara. Sehingga payudara Bunda kembali kencang setelah menyusui. Yuk simak cara-caranya Bunda. 

Melansir dari laman Healthline, kehamilan dan menyusui dapat membawa beberapa perubahan besar dalam bentuk tubuh khususnya payudara Bunda. Payudara tidak hanya akan berubah dalam ukuran, bentuk, dan sensitivitas, tetapi Bunda juga akan merasa sangat berbeda setelah menyusui Si Kecil selama enam bulan hingga dua tahun. 

Tidak perlu heran jika bentuk payudara akan berubah setelah menyusui Bunda. Namun hal ini tentunya terjadi berbeda pada masing-masing orang. Perbedaan itu bisa berupa payudara dan puting lebih besar, lebih kecil, ukuran berbeda, lebih menonjol, hingga terlihat kendur setelah menyusui. Nah, untuk itu yuk cari tahu cara mengencangkan payudara setelah menyusui Bunda. 


Jika Bunda ingin mendapatkan kembali payudara yang kencang dan indah pasca melahirkan dan menyusui, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan. Tentunya harus dilakukan secara terus menerus untuk hasil yang maksimal ya Bunda.

Banner TKW Blitar dapat Hadiah Mewah

Apa saja cara mengencangkan payudara? Simak penjelasan berikut yang dilansir dari laman The Times of India

1. Campuran timun dan kuning telur

Kombinasi dua bahan natural ini adalah efektif untuk mengencangkan payudara Bunda. Oleskan campuran kuning telur dan mentimun yang sudah dihaluskan pada area payudara Bunda, lalu diamkan selama 30 menit. 

Mentimun memiliki sifat mengencangkan kulit alami dan kuning telur memiliki kadar protein yang tinggi. Gunakan campuran ini sebagai masker pada payudara. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk mengencangkan dan memperkuat jaringan payudara Bunda.

Metode perawatan

  • Haluskan mentimun
  • Campurkan satu kuning telur dan satu sendok teh mentega atau krim untuk mendapatkan hasil kental
  • Aplikasikan ke area payudara dan tunggu hingga 30 menit.
  • Kemudian bilas sampai bersih dengan air dingin. Lakukan satu kali seminggu secara rutin untuk hasil yang maksimal

2. Minyak zaitun

Memijat payudara Bunda menyusui dengan minyak zaitun bisa menjadi teknik yang sangat baik untuk mengencangkan payudara yang kendur. Hal ini karena minyak zaitun kaya akan sumber antioksidan dan asam lemak yang dapat membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini juga membantu meningkatkan warna dan tekstur kulit di sekitar area payudara. Pijat payudara juga akan membantu mengencangkan otot payudara Bunda.

3. Pijat dengan es

Pijat dengan es adalah cara yang efektif untuk mendapatkan kembali kekencangan pada payudara yang kendur dan mengangkatnya. Hal ini karena suhu dingin akan menyebabkan jaringan berkontraksi sehingga membuat payudara tampak lebih kencang.

Metode perawatan

  • Ambil dua bongkah es batu dan pijat dengan gerakan melingkar di sekitar masing-masing payudara Bunda selama satu menit. 
  • Kemudian dengan bantuan handuk lembut keringkan payudara dan segera kenakan bra yang pas. 
  • Setelah itu, ambil posisi berbaring setidaknya selama 30 menit. Lakukan ini secara berkala sepanjang hari.

Klik halaman berikutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



BISA MENGGUNAKAN LIDAH BUAYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!