sign up SIGN UP search


menyusui

Selain Makanan, 5 Hal Ini Ampuh Jadi ASI Booster Bunda

Meita Fajriana Selasa, 28 Sep 2021 11:06 WIB
Happy mother and baby child lying on bed together caption

Sebagian besar ibu baru khawatir tidak bisa memberikan Air Susu Ibu (ASI) yang cukup untuk memenuhi nutrisi bayinya. Demi mendukung produksi ASI semakin lancar, para bunda biasanya menggunakan ASI booster.

Tak jarang ibu menyusui mengonsumsi makanan atau suplemen tertentu untuk meningkatkan produksi ASI. Namun, selain makanan, ada lho beberapa hal yang bisa jadi ASI booster. Apa saja ya?

Melansir dari laman Very Well Family, ada beberapa hal yang perlu Bunda lakukan untuk menambah dan mempertahankan suplai ASI. Sebagai dasarnya, yakni lakukan perlekatan yang baik hingga menyusui bayi secara langsung dari payudara sesering mungkin. 


"Perbaiki teknik menyusui dan menyusui lebih sering adalah dua tindakan terpenting yang diperlukan untuk menambah dan mempertahankan pasokan ASI yang sehat," kata Meredith Shur, MD, konsultan laktasi di New York, Amerika Serikat.

Banner Journaling Sehatkan Mental

Ada juga cara lain untuk meningkatkan suplai ASI secara alami, Bunda. Berikut penjelasannya, dikutip dari laman Parents.

1. Lakukan hal-hal membahagiakan

Saat bahagia, tubuh Bunda akan terhindar dari stres. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada suplai ASI Bunda. Jika sudah terlanjur stres, segera temukan cara untuk mengatasinya. Berlatih secara teratur teknik pengurangan stres yang sehat seperti latihan pernapasan adalah cara yang bisa Bunda coba terapkan. 

2. Support system

Bantuan dari orang sekitar baik itu dari suami, orangtua, atau teman, adalah ASI booster yang baik. Bagaimana tidak, kehadiran support system ini bisa memberikan Bunda waktu jeda untuk beristirahat selama merawat Si Kecil seharian dan tugas harian lainnya. 

Mintalah bantuan suami atau keluarga untuk menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga, sehingga Bunda lebih fokus memberi ASI dan cukup istirahat. Karena saat tubuh dan jiwa Bunda sehat, produksi ASI akan meningkat.

Nah, untuk ASI booster lain, Bunda baca di halaman berikutnya ya.

Simak juga 5 langkah pijat payudara untuk meningkatkan produksi ASI, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

ASI BOOSTER SELAIN MAKANAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!