sign up SIGN UP search


menyusui

7 Pilihan ASI Booster Tanpa Efek Samping, Enggak Cuma Susu Almond Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 26 Sep 2021 17:00 WIB
Ilustrasi ibu menyusui makan makanan bervitamin caption

Jakarta - Bikin ASI banjir selama menyusui tak selalu menjadi hal yang mudah ya, Bunda. Ada kalanya, ASI pun tersendat dan Bunda memilih ASI booster untuk membantu mengembalikan produksi ASI secara maksimal.

Ketika Bunda membuat keputusan untuk menyusui, tentu Bunda ingin memastikan bahwa bayi Bunda mendapatkan ASI semaksimal mungkin setiap saat. Tetapi, terkadang hal tersebut memang tidak selalu berlangsung seperti yang diharapkan ya, Bunda. Adakalanya, perjuangan tersebut terkendala dengan pasokan ASI yang minim.

"Banyak ibu yang datang setelah melahirkan dan mereka mengkhawatirkan suplai ASI-nya," ujar Dr Vonne Jones, MD, FACOG, seorang obgn di Total Women Care di Houston, seperti dikutip dari laman Romper.


Memang, kekhwatiran tersebut sangatlah wajar ya, Bunda. Apalagi, dengan ASI yang minim tentu saja Bunda mengkhwatirkan apakah asupan bayi terpenuhi dengan baik atau tidak. 

Nah, biasanya dalam kondisi seperti ini, banyak Bunda menyusui yang bekerja ekstra meningkatkan pasokan ASI dengan mengonsumsi ASI booster. Hal ini dipercaya secara turun temurun dapat memberikan efektivitas bagi produksi ASI secara cepat dan efektif.

Salah satu yang paling populer di kalangan Bunda menyusui adalah susu almond, yang dipercaya efektif menjaga suplai ASI. Tapi, ada alternatif pelancar ASI yang lebih ekonomis dan tanpa efek samping lho, Bunda.

5 buah dan sayur sebagai ASI Booster5 buah dan sayur sebagai ASI Booster/ Foto: Mia Kurnia Sari

Berikut ini beberapa ASI booster alami yang bisa Bunda jadikan andalan meningkatkan ASI selain susu almond:

1. Fenugreek

Tidak ada makanan yang lebih baik daripada fenugreek untuk dijadikan ASI booster. Ini merupakan tanaman obat tertua di dunia yang menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan suplai ASI. Saat ini, di pasaran banyak tersedia asupan fenugreek dalam bentuk teh yang siap diseduh kapan pun ya, Bunda. Bunda pun dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan produksi ASI.

2. Adas

Adas diketahui dapat membuat kelenjar susu bekerja lebih baik. Adas merupakan ramuan yang telah terbukti meningkatkan suplai susu. Sebuah penelitian menemukan bahwa adas dapat meningkatkan volume ASI serta dapat meningkatkan kandungan lemak dan menambahkan berat badan bayi.

3. Oatmeal

Semangkuk oatmeal dapat menjadi makanan yang dapat membantu produksi ASI lebih maksimal ya, Bunda. Tidak ada salahnya mengganti sarapan Bunda dengan asupan oatmeal yang dapat dinikmati dengan potongan buah agar lebih menyegarkan dan juga tentunya mengenyangkan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk mengecek ASI booster selanjutnya!

Rekomendasi ASI booster lain dapat Bunda saksikan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



7 PILIHAN ASI BOOSTER TANPA EFEK SAMPING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!