sign up SIGN UP search


menyusui

Zaskia Sungkar Sempat Jalani Diet saat Menyusui, Dampaknya ASI Berkurang Bun

Annisa Karnesyia Rabu, 01 Sep 2021 10:28 WIB
Zaskia Sungkar dan Anaknya caption
Jakarta -

Putra semata wayang Zaskia Sungkar, Ukkasya Muhammad Syahki, sudah mau menginjak usia 5 bulan. Selama periode waktu ini, Zaskia masih menyusui langsung buah hatinya lho, Bunda.

Istri Irwansyah ini bersyukur masih bisa menyusui anaknya. Selama pandemi COVID-19, Zaskia memang terpaksa tinggal di rumah saja sehingga bisa menyusui langsung buah hatinya.

"Cepet bgt waktu masyaAllah udah mau 5 bulan aja meng-Asi-hi kamu nakk, berkah masih #dirumahAja jadi 99% masih DBF/direct breast feeding," tulis Zaskia, dikutip dari Instagram, Selasa (24/8/21).


Selama menyusui Ukkasya, Zaskia ternyata sempat menjalani diet dengan mengurangi makan lho. Kakak Shireen Sungkar ini melakukan diet agar berat badannya bisa turun seperti sebelum hamil.

Wanita Batak Cerai dari Bule Kaya

Sayangnya, diet Zaskia justru berdampak pada produksi ASI-nya. Akibat mengurangi makan, produksi ASI Zaskia malah berkurang.

Wanita 30 tahun ini lalu memutuskan untuk berhenti diet demi sang buah hati. Ia merasa kebutuhan Ukkasya untuk menyusu lebih penting, apalagi buah hatinya itu termasuk bayi yang sering menyusu.

"Sempat mami nya ngurangin makan biar bisa balikin ke bb sebelum hamil lagi ( masih utang 5 kg ) eh asinya berkurang langsung makan banyak lagi deh , happy2 dulu yang penting asinya nya banyak lagi , secara ukkasya nenen nya masih 1-2 jam sekali ( mostly tiap jam) waktu awal kaget kok jeda nya cepat banget , perasaan baru sendawain udah mau nenen lagi, tapi lama2 jadi biasa malah kalau udh sampai 2 jam enggak nyusuin jadi kyk ada yg ilang sendiri hha , masyaAllah," ujarnya.

Zaskia Sungkar memang tengah menikmati peran barunya sebagai ibu. Baginya, momen menyusui tidak akan terulang karena dia bisa menjalin bonding dengan anaknya.

"Arrrghh enggak kebayang kalau pas waktu nya selesai asi pasti sedih bgt bonding terindah sama ukkasya yg aku rasain adalah saat meng-Asi-hi . moment tatap2 pan tiba2 disenyumin tipis sambil nen. Moment digigit ditarik , apalagi pas liat bibir gemesss mau nen," katanya.

Setelah melahirkan, tak sedikit para Bunda melakukan diet seperti yang dilakukan Zaskia Sungkar. Sebenarnya, diet setelah melahirkan atau saat menyusui itu enggak harus dilakukan lho, Bunda.

Seperti apa penjelasan menurut dokter ya? Baca halaman berikutnya.

Simak juga 5 hal yang perlu diperhatikan saat menyusui sambil menggendong bayi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

ALASAN KENAPA BUNDA MENYUSUI TAK PERLU DIET
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!