sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Penyebab BB Susah Turun Usai Melahirkan Menurut Dokter, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Selasa, 14 Sep 2021 20:40 WIB
Ilustrasi wanita sedih caption
Jakarta -

Setelah melahirkan, terkadang ada ambisi untuk kembali menurunkan berat badan seperti semula. Tapi, setelah dijalani dengan lebih menjaga pola makan yang sehat, kok belum kunjung turun juga ya. Bunda, ada yang seperti itu?

Kalau waktu sebelum melahirkan menurunkan berat badan kayaknya gampang, tapi waktu menurunkan berat badan waktu melahirkan, kok PR banget nih?

Ternyata, menurut dr.Arti Indira, Sp.GK, ada beberapa penyebab bunda pasca melahirkan itu sulit menurunkan berat badan, dan itu normal. dr.Arti menyebutkan ada penyebab internal dan eksternal yang mengakibatkan berat badan susah turun walau sudah enam bulan atau setahun pasca melahirkan.


Apa penyebabnya? Berikut paparan dr.Arti Indira di Instagram Live HaiBunda Pentingnya Jaga Pola Makan Sehat & Olahraga Pasca Melahirkan:

1. Menyusui

Pertama, berat badan susah turun karena ada perbedaan setelah melahirkan. Ya, waktu setelah melahirkan maka Bunda memiliki PR lainnya, ada tugas lain sebagai seorang ibu yaitu menyusui.

Bunda pun perlu fokus pada produksi ASI agar ASI-nya berkualitas. Jadi disarankan untuk diet, atau terlalu consent untuk weightloss yang terlalu ekstrem, akhirnya kualitas ASI-nya menjadi tidak terlalu baik.

Banner TKW Blitar dapat Hadiah MewahBanner TKW Blitar dapat Hadiah Mewah/ Foto: HaiBunda/Mia

2. Hormon estrogen yang lebih dominan

Nah, kemudian masalah lainnya adalah masalah hormonal tentunya, Bunda. Selama 9 bulan kita hamil, tentu saja ada perubahan-perubahan hormon di tubuh kita. Begitu postpartum atau pasca melahirkan, kondisi hormonal kita jadi berbeda. Biasanya, 6 bulan sampai 1 tahun estrogen lebih dominan.

"Kalau estrogennya lebih dominan, ini memang kenaikan BB itu jadi lebih sering terjadi, sehingga pada program weightloss pun lebih butuh effort," kata dr.Arti.

3. Kurang tidur, munculnya hormon stres

Kemudian masalah ibu baru atau ibu setelah melahirkan itu adalah kurang tidur juga. Kalau ini semua setuju ya, Bunda?

"Seringkali kurang tidur juga, hormon stres atau hormon kortisol semakin naik maka itu akan menyulitkan untuk program menurunkan berat badan," ungkapnya.

Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Simak juga cara mengatasi sakit kepala saat menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



HORMON INSULIN & KURANG ME TIME
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!