sign up SIGN UP search


menyusui

5 Jurus Sukses ASI Eksklusif untuk Ibu Pekerja yang Mulai WFO Kembali

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 02 Oct 2021 18:52 WIB
Ibu bekerja sukses ASI eksklusif caption

Jakarta - Kesibukan tak menjadi penghalang bagi para pejuang menyusui untuk bisa meraih sukses ASI eksklusif. Meskipun butuh kerja keras dan perjuangan luar biasa tentunya ya, Bunda.

Tak mudah memang menjalani working mom sekaligus ibu rumah tangga dengan bayi yang butuh ASI eksklusif. Selain disibukkan pekerjaan yang padat merayap, ranah domestik juga perlu mendapatkan perhatian. Apakah masih bisa menyusui eksklusif sampai Si Kecil berusia dua tahun?

Tak bisa dipungkiri ya, rentetan tuntutan tersebut membuat para Bunda yang bekerja kewalahan. Terutama Bunda yang baru saja masuk kembali usai cuti melahirkan atau kembali working from office (WFO). Ritme bekerja harus bisa diseimbangkan dengan kesibukan memberikan ASI eksklusif. Itu artinya, Bunda harus segera mencoba jurus baru untuk beradaptasi saat kembali WFO.


Kalau Bunda berada di fase tersebut, tenang, Bunda enggak sendirian, kok. Banyak juga Bunda pekerja yang berjuang sama di luar sana. Memenuhi ASI eksklusif sambil terus beraktivitas. 

Cara Bersihkan Kipas AnginCara Bersihkan Kipas Angin/ Foto: Mia Kurnia Sari

Yakinkan diri bahwa Bunda dapat menjalani semua hal tersebut dan sukses memberikan ASI eksklusif. Seberapa besar usaha Bunda untuk tetap konsisten tentunya akan membuahkan keberhasilan sukses ASI eksklusif.

"Pertimbangkan juga untuk bertemu dengan konsultan laktasi atau ahli lainnya sehingga mereka dapat membantu dengan berbagai tips dan Bunda pun akan tahu siapa yang harus dihubungi jika ada masalah," ujar Dee Kassling, IBCLC, seorang konsultan laktasi di St Louis, Missouri, seperti dikutip dari laman Parents.

Infografis tentang tips memompa ASI di kantor selama masa pandemi.Infografis tentang tips memompa ASI di kantor selama masa pandemi./ Foto: Mia Kurnia Sari

Support yang positif memang diperlukan, Bunda. Tidak saja pasangan sendiri yang perlu memberi support penuh, tetapi juga ada konselor laktasi yang menjadi konsultan setia dalam memberikan berbagai masukan seputar menyusui.

Selain itu, Bunda sebaiknya juga memiliki tim pendukung seperti teman-teman seperjuangan yang menjadi juga bertekad menyusui eksklusif atau teman-teman di komunitas seputar menyusui.  Dengan begitu, Bunda akan memiliki lingkungan yang sama-sama berjuang dan saling memberikan support satu sama lain ketika bermasalah di perjalanan sebagai pejuang ASI.

Klik di halaman selanjutnya untuk informasi lebih lanjut, Bunda.

Simak juga tips memerah ASI di kantor seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



5 SIASAT AGAR ASI BUNDA TETAP LANCAR SAAT KEMBALI BEKERJA DI KANTOR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!