sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Atasi Puting Lecet dengan Pengobatan Alami, Gampang Banget Bun

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 30 Sep 2021 16:05 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Puting lecet saat menyusui menjadi hal yang paling ditakutkan para Bunda. Pejuang menyusui hafal banget deh, dengan sikon seperti ini. Kalau enggak segera diatasi bisa menyebabkan Bunda stres dan ingin berhenti menyusui.

Nah, agar permasalahan puting lecet saat menyusui tidak terjadi kembali, harus dicari penyebabnya agar tahu cara mengatasinya. Sehingga produksi ASI tidak terganggu ke depannya.

Puting lecet yang dibiarkan tanpa diobati bisa menimbulkan risiko infeksi, Bunda. Tak hanya itu, Bunda yang menyusui pun bisa mengalami trauma puting lecet karena kondisi tersebut sangatlah tidak mengenakkan.


Melansir dari laman NHS, jika puting terasa sakit saat menyusui, biasanya ini dikarenakan posisi dan pelekatan bayi yang tidak tepat di payudara. Penting untuk tidak berhenti menyusui sehingga menyusui pada akhirnya menjadi lebih nyaman lagi.

Perlu Bunda tahu bahwa ketika bayi tidak melekat dengan baik pada payudara, puting akan lebih dekat ke bagian depan mulutnya dan dapat terjepit di langit-langit mulut yang keras di mana menyebabkan rasa sakit.

Ibu MenyusuiIlustrasi puting lecet Ibu Menyusui/ Foto: iStock

"Setiap kali melihat seorang Bunda mengalami puting yang sakit, sebaiknya mencoba mencari tahu mengapa hal itu terjadi. Apakah masalah pelekatan, apakah masalah posisi menyusui, atau masalah lainnya," ujar Nicole Kekesie, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari laman Milkology.

Ditambahkan lebih lanjut, solusi terbaik untuk menyembuhkan kerusakan pada puting lecet atau cedera lain yang parah ialah mendapatkan pelekatan yang baik dan secara konsisten menyusui dari waktu ke waktu.

"Posisi yang benar dan pelekatan yang tepat juga dapat membantu Bunda menghindari masalah puting lecet dan sakit," tambahnya.

Simak penjelasan lengkap mengenai puting lecet saat menyusui di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

5 TIPS ALAMI ATASI PUTING LECET
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!