sign up SIGN UP search

menyusui

Benarkah Bayi Menggigit Puting Bunda karena ASI Tidak Keluar? Ini Penjelasannya

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 12 May 2022 14:00 WIB
Young beautiful mother breastfeeding her newborn baby boy, while father working on laptop Benarkah Bayi Menggigit Puting Bunda karena ASI Tidak Keluar? Ini Penjelasannya/Foto: iStock

Jakarta - Bagi sebagian besar Bunda menyusui, pasti sudah tak asing dengan salah satu kebiasaan khas bayi saat menyusu yaitu menggigit puting. Duh, memang kebiasaan yang satu ini membuat busui tak nyaman karena akan menyebabkan rasa nyeri pada puting payudara.

Padahal tak sekadar iseng menggigit, ada berbagai macam alasan mengapa Si Kecil senang menggigit puting Bunda. Salah satu penyebab yang mungkin diduga para Bunda adalah karena ASI yang sulit keluar sehingga Si Kecil mencoba mengeluarkan dengan menggigit. Benarkah demikian?

Pada titik tertentu, kebanyakan bayi mencoba menggigit puting susu Bunda biasanya saat mereka berusia 6 bulan dan sedang tumbuh gigi. Namun, ada beberapa orang yang juga percaya bahwa bayi menggigit puting Bunda karena ASI tidak keluar, lho Bunda.


Dengan mengetahui alasan mengapa Si Kecil menggigit puting saat menyusui, akan membantu Bunda untuk menghindarinya dan menjaga puting tetap aman dari gigi susu Si Kecil.

Banner 5 Tanda Janin Meninggal

Untuk membantu Bunda menemukan jawabannya, berikut adalah penjelasan yang dirangkum dari berbagai sumber, yuk, simak penjelasannya berikut ini, ya Bunda.

Alasan bayi senang menggigit puting Bunda

Melansir dari laman Medela, memahami mengapa bayi menggigit saat menyusui dapat membantu Bunda memutuskan apa yang perlu dilakukan untuk menghentikan dan menghindari hal tersebut terjadi, serta membuat menyusui tetap nyaman bagi Bunda dan Si Kecil.

Sebagian besar orang tua berpikir bahwa alasan Si Kecil menggigit saat menyusu karena suplai ASI Bunda kurang atau mungkin tidak keluar. Hal ini ternyata benar Bunda, ini adalah salah satu alasan Si Kecil menggigit saat menyusu.

Terkadang bayi menggigit saat menyusu karena mereka menginginkan lebih banyak susu. Saat persediaan ASI Bunda habis, bayi mungkin menggigit dan menarik kembali payudara Bunda, mencoba untuk mendapatkan lebih banyak ASI.

Faktor lain yang menyebabkan Si Kecil menggigit saat menyusu selain menginginkan ASI yang banyak adalah sebagai berikut:

1. Bayi sedang tumbuh gigi

Saat bayi mencapai usia 4 hingga 7 bulan, mereka akan mulai menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi. Saat gigi pertama tumbuh, Si Kecil mungkin merasa tidak nyaman dan rewel, ini normal saat gigi tumbuh dan mencoba menembus gusi.

Tepat sebelum gigi keluar melalui gusi, hal itu dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri. Jika Bunda melihat lebih banyak bayi menggigit saat menyusui, kemungkinan ini karena ia sedang mencoba meredakan tekanan yang ia rasakan pada gusi.

Cute baby looks up at her mother while breastfeeding. One of the baby's blue eyes is looking at her mom.Benarkah Bayi Menggigit Puting Bunda karena ASI Tidak Keluar? Ini Penjelasannya./ Foto: iStock

2. Bayi merasa bosan

Terkadang, gigitan bayi saat menyusui mungkin hanya karena mereka bosan. Mereka terganggu oleh dunia sekitar mereka. Bunda akan melihat bahwa ini biasanya terjadi ketika mereka berada di di akhir sesi menyusui dan tidak lapar lagi.

3. Bayi menginginkan perhatian

Beberapa bayi mungkin menggigit puting ibu mereka ketika mereka mencari perhatian lebih. Jika mereka merasa Bunda tidak memberikan perhatian penuh, mereka mungkin mulai menggigit.

Lalu, jika Si Kecil menggigit saat menyusu karena menginginkan ASI yang lebih banyak, bagaimana Bunda meningkatkan suplai ASI? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Saksikan juga video tentang 5 tips alami atasi puting lecet di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENINGKATKAN SUPLAI ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!