sign up SIGN UP search


menyusui

Bisa Bikin ASI Seret, Ketahui 6 Stres Busui yang Kerap Tak Disadari

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 01 Oct 2021 20:28 WIB
Motherhood Exhaustion Concept. Tired young mom breastfeeding baby and working on laptop at home, feeling frustrated, free space caption

Jakarta - Stres pada ibu menyusui bisa menyebabkan ASI seret lho. Sayanganya, stres ini kerap tak disadari oleh Bunda sehingga diabaikan dan tidak segera dicarikan jalan keluar. Tahu-tahu, eh ASI menjadi seret tanpa diketahui akar masalahnya.

Merawat bayi, terutama yang baru lahir memang mendatangkan kelelahan tersendiri. Anak yang tergantung pada ASI Bunda hampir bahkan bisa menyebabkan stres lho. Nah, itu sebabnya penting untuk mengetahui apa saja sih, penyebab stres ibu menyusui yang kerap tak disadari.

Beberapa ibu menyusui mungkin berhasil mengatasi permasalahan stres dengan bijak. Sementara, sebagian besar lainnya berjuang mengatasinya dengan ekstra keras.


Ya, stres memang dapat memengaruhi kesehatan seseorang. Tak terkecuali kelancaran menyusui yang dipengaruhi faktor seperti, fisik, sosial, dan emosional sehingga Bunda lebih rentan mengalami stres dan kecemasan. Di mana akhirnya, stres tersebut memengaruhi suplai ASI dan pengalaman menyusui secara keseluruhan.

Cara Bersihkan Kipas AnginCara Bersihkan Kipas Angin/ Foto: Mia Kurnia Sari

Menurut Kirsten Brunner, MA, LPC, para ibu baru seringkali merasakan tekanan yang sangat besar untuk membuat menyusui berhasil. Ketika tantangan atau kesulitan muncul, ibu sering merasa gagal dalam memberi makan buah hatinya, seperti dikutip dari laman Romper.

"Perasaan tekanan ekstrem ini ditambah dengan perasaan kegagalan dapat menyebabkan ibu baru merasa sangat cemas, stres, dan bahkan depresi," tambahnya.

Melansir dari Mom Junction, stres memang dapat memengaruhi produksi dan pengeluaran ASI. Studi eksperimental pada Bunda menyusui menunjukkan bahwa stres fisik dan mental yang akut dapat mengganggu refleks pengeluaran ASI. Produksi ASI bisa semakin buruk jika setiap menyusui, Bunda tidak mengosongkan payudara hingga benar-benar habis ya. 

Tired desperate mother and baby cryingIlustrasi stres ibu menyusui yang bikin ASI seret/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem

Nah, Bunda pun perlu mengenali apa saja penyebab stres busui yang kerap tak disadari. Berikut ini beberapa diantaranya ya, Bunda, yang perlu diwaspadai:

1. Ketidaknyamanan tubuh

Nyeri merupakan bagian dari kehamilan dan pemulihan pasca persalinan. Bunda pun kemungkinan akan mengalami rasa sakit fisik selama dan setelah melahirkan. Setelah mulai menyusui, puting yang sakit, pembengkakan payudara, ASI minim, dan mastitis dapat menyebabkan Bunda sakit dan tidak nyaman. Nyeri fisik inilah yang dapat menyebabkan stres dan memengaruhi suplai ASI Bunda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk menelaah penyebab stres Bunda menyusui yang kerap tak disadari lainnya.

Simak juga ya faktor apa saja yang dapat menghambat ASI dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KECEMASAN HINGGA PERUBAHAN HORMON BISA PICU ASI DROP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!