sign up SIGN UP search


menyusui

5 Pemicu Stres pada Ibu Menyusui dan Cara Mengatasinya Sebelum ASI Drop

Meita Fajriana Minggu, 19 Sep 2021 15:20 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Ada banyak hal yang bisa membuat ibu menyusui mengalami stres. Mulai dari kelelahan menjadi ibu baru, masalah pada Air Susu Ibu (ASI), hingga perkataan orang-orang di sekitar yang tidak mengenakkan. Tentu hal ini dapat berdampak buruk bagi Bunda dan Si Kecil. Untuk mengatasinya dengan tepat dan cepat, cari tahu apa saja hal-hal pemicu stres pada ibu menyusui yuk Bunda. 

Melansir dari laman Parenting First, stres adalah reaksi dan respons tubuh Bunda terhadap perubahan. Stres dapat berbahaya dan menyebabkan masalah kesehatan. Bahkan dapat memengaruhi kemampuan Bunda untuk sukses dalam menyusui. 

Stres dapat memengaruhi menyusui dalam beberapa cara. Tingkat stres yang tinggi pada ibu menyusui dapat menyebabkan refleks let-down yang sulit, dan dapat menurunkan suplai ASI Bunda. Terlalu banyak stres dalam kehidupan sehari-hari juga dikaitkan dengan penyapihan dini. Namun sisi positifnya, menyusui dapat membantu menurunkan stres Bunda loh. Hormon yang dilepaskan tubuh Bunda saat menyusui dapat meningkatkan relaksasi dan perasaan cinta serta ikatan sehingga membuat Bunda lebih bahagia. 


Lantas apa saja pemicu stres pada ibu menyusui yang dapat memberikan dampak negatif tersebut? Yuk simak penjelasan berikut yang dikutip dari laman Very Well Family Bunda. 

Penyebab stres pada ibu menyusui:

Simak sebabnya dan cari cara untuk mengatasinya ya, Bunda.

1. Mengalami Sakit

Tepat setelah bayi Bunda lahir, Bunda tentunya merasakan sakit pasca melahirkan. Kemudian, begitu Bunda mulai menyusui, masalah lain seperti puting yang sakit dan pembengkakan payudara dapat menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan. Rasa sakit merupakan stres pada tubuh Bunda, jadi jika dokter meresepkan obat pereda nyeri, Bunda harus meminumnya. 

Pastikan dokter Bunda tahu bahwa Bunda sedang menyusui sehingga dapat meresepkan obat yang aman untuk Bunda dan Si Kecil. Selama penyembuhan, itu akan membantu Bunda rileks dan mengurangi stres. Ketika rasa sakit fisik berhasil diatasi, Bunda seharusnya dapat menyusui dengan lebih nyaman, dan tubuh dapat fokus untuk memproduksi ASI daripada rasa sakit.

Ibu menyusuiPenyebab stres pada Ibu menyusui/ Foto: iStock

2. Mengalami Masalah Menyusui

Masalah menyusui dini, seperti kesulitan pelekatan dan puting yang sakit bisa membuat frustrasi dan stres. Untuk mencegah stres yang tidak perlu, pelajari sebanyak mungkin tentang menyusui sebelum bayi Bunda lahir. Jangan segan untuk mendapatkan bantuan pelekatan bayi dengan benar sejak menyusui pertama setelah lahir dengan ahlinya ya, Bunda. 

3. Merasa lelah

Merawat bayi baru lahir memang melelahkan. Pengalaman ini adalah perawatan sepanjang waktu yaitu 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Belum lagi tambahan tanggung jawab lain dalam hidup Bunda seperti memasak, membersihkan rumah, menyiapkan kebutuhan suami, hal ini tentu mudah membuat Bunda kewalahan dan kelelahan.

Untuk melawan kelelahan, cobalah untuk tidur saat bayi Bunda sedang tidur dan tunda pekerjaan rumah dan tanggung jawab lainnya untuk sementara waktu. Dan, jangan takut untuk meminta sedikit bantuan dari pasangan, keluarga, dan teman Bunda ya.

4. Mengatasi Perubahan di Tubuh Bunda

Tubuh dan hormon Bunda banyak berubah selama kehamilan, persalinan, dan menyusui. Bunda biasanya khawatir tentang berapa banyak berat badan Bunda bertambah atau perubahan pada payudara Bunda.

Sadarilah, perubahan ini tidak terjadi sekaligus Bunda. Itu terjadi perlahan selama sembilan bulan saat tubuh Bunda mengandung bayi yang sedang tumbuh. Jadi, bersabarlah dan beri diri dan tubuh Bunda waktu untuk pulih.

5. Menghadapi Kritik

Meski menyusui merupakan proses tak ternilai dan perlu terus belajar, namun masih ada saja orang yang mau tidak mau berkomentar atau memberikan pendapat meski tidak Bunda inginkan. Terkadang orang-orang ini adalah keluarga dan teman terdekat. 

Tapi, cobalah untuk fokus pada apa yang Bunda ketahui tentang menyusui, dan ingatkan diri Bunda mengapa memilih untuk melakukannya. Bunda bahkan dapat mengajari keluarga dan teman Bunda beberapa hal dan mengubah pendapat mereka saat Bunda melakukannya.

Simak cara mengatasi stres pada ibu menyusui yang sangat sering tidak disadari di halaman selanjutnya!

Bunda, simak juga cara mengatasi stres saat Bunda menyusui selama pandemi dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATASI STRES PADA IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!