sign up SIGN UP search

menyusui

4 Penyebab ASI Berkurang, Nomor 1 Penting Banget Diwaspadai Ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 25 Sep 2021 18:05 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Awal melahirkan ASI lancar jaya ya, Bunda. Tetapi, pas perjalanannya kok malah makin seret ya. Apa sih penyebab ASI berkurang biasanya, Bunda? 

Berbagai faktor memang dapat menjadi penyebab ASI berkurang pada ibu menyusui. Hal ini sebenarnya permasalahan yang wajar selama proses menyusui tetap berjalan dan nutrisi anak tidak terganggu.

Sebab, ASI akan terus berproduksi sesuai dengan konsep supply & demand. Artinya, selama bayi terus mengisap ketika disusui atau Bunda memompa, ASI akan terus memproduksi sesuai kebutuhan.


Permasalahannya, seringkali ASI yang berkurang ini berkelanjutan ya, Bunda. Alhasil, ASI Bunda pun semakin seret dan minim. Hmm, kalau sudah begini sih, penyebab ASI berkurang memang perlu diantisipasi.

Menurut Jody Segrave-Daly, RN, IBCLC, seorang konsultan laktasi, bahwa stres pasca persalinan dapat menunda produksi ASI. Sebuah penelitian melihat bahwa bagaimana stres atau trauma kelahiran seorang ibu dapat memengaruhi pasokan ASI-nya.

5 buah dan sayur sebagai ASI Booster5 buah dan sayur sebagai ASI Booster/ Foto: Mia Kurnia Sari

Temuan tersebut menegaskan bahwa semakin lama dan semakin stres persalinan bagi Bunda dan bayi, semakin lambat suplai ASI mereka. Dan juga, ketika seorang ibu kehilangan banyak darah saat melahirkan, hal tersebut juga dapat berdampak pada produksi ASI.

"Kelelahan yang menyertai kehilangan darah sering mengganggu kemampuan Bunda untuk menggendong dan menyusui bayinya,"ujar Segrave-Daly, seperti dikutip dari laman Romper.

Segrave menambahkan, penyebab ASI berkurang lainnya yakni adanya riwayat penyakit kronis di mana hal ini dapat menunda produksi ASI. Meski demikian, penyakit kronis tidak berarti seorang ibu tidak bisa menyusui dengan sukses. Bunda dapat mendiskusikannya dengan dokter dan para profesional laktasi lainnya.

Melansir dari Utswmed, beberapa penyebab ASI berkurang yang sering tidak disadari juga disebabkan berbagai faktor ya, Bunda. Berikut ini beberapa diantaranya dimana dapat memengaruhi ketersediaan ASI:

1. Merasa stres atau cemas

Stres merupakan pembunuh nomor satu pasokan ASI terutama dalam beberapa minggu pertama usai melahirkan. Antara kurang tidur dan penyesuaian dengan jadwal bayi, peningkatan kadar hormon tertentu seperti kortisol dapat secara dramatis mengurangi suplai ASI. Waspadai hal ini ya, Bunda, dan kelola stres Bunda dengan bijak.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk mengetahui penyebab ASI seret lainnya.

Penyebab ASI enggak keluar pasca melahirkan, bisa Bunda simak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



WASPADAI PEMBERIAN SUSU FORMULA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!