sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Makan Durian Tak Bahayakan ASI, Tapi Waspadai Efek Samping Lainnya

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 08 Oct 2021 20:20 WIB
Ibu menyusui makan durian caption

Jakarta - Makan durian memang nikmatnya tiada tara ya, Bunda. Harumnya yang khas menggoda pencinta durian untuk segera melahapnya. Eits, tapi bolehkah ibu menyusui makan durian ya, Bunda? Cari tahu yuk, Bunda.

Berbicara mengenai makan durian, perlu Bunda tahu nih, nilai gizi durian sangat tinggi lho. Sehingga, sangat cocok dikonsumsi. Termasuk juga untuk ibu menyusui, seperti dikutip dari laman 4hw.

Durian diketahui memiliki nilai gizi yang tinggi yang mengandung gula tinggi, 11 persen pati, 13 persen gula, 3 persen protein, vitamin, lemak, kalsium, zat besi, dan fosfor.


Para ibu menyusui yang sering merasa lemas, dapat mengonsumsi durian untuk melengkapi energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan durian juga bermanfaat untuk memperkuat tubuh, serta menyehatkan yin dan yang.

Selain itu, ibu menyusui yang mengonsumsi durian dalam jumlah seimbang tidak akan memengaruhi kualitas ASI, sehingga tidak akan mengganggu kesehatan bayi yang disusui.

Mengonsumsi buah durian memang tidak akan memengaruhi bayi yang disusui. Namun, di sisi lain, perlu Bunda ketahui bahwa durian memiliki kandungan kalori dan gula yang tinggi, serta kandungan selulosa lebih banyak yang tidak mudah dicerna tubuh. Sehingga, sebaiknya jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Di Asia Tenggara, durian merupakan buah yang banyak dimakan ibu menyusui. Biasanya, buah durian digunakan untuk melengkapi sup dan susu yang sangat bergizi. Tetapi, Bunda sebaiknya memang tidak berlebihan mengonsumsinya. 

Sebab, makan durian terlalu banyak dapat membuat sensasi panas di perut. Sehingga, ibu menyusui perlu bijak saat mengonsumsi durian. Selain itu, para ahli juga menyarankan agar ibu menyusui juga mengonsumsi buah yang menghangatkan untuk mendukung proses menyusui. Seperti buah kiwi, apel, pepaya, dan lainnya.

Klik di halaman selanjutnya ya, untuk informasi mengenai serba-serbi ibu menyusui makan durian.

BOLEHKAH IBU MENYUSUI MAKAN DURIAN? CARI TAHU YUK, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!