sign up SIGN UP search


menyusui

10 Makanan Pelancar ASI yang Mudah Bunda Temukan di Tukang Sayur

Tim HaiBunda Rabu, 13 Oct 2021 13:41 WIB
5 Sarapan Rendah Kalori Cocok Untuk Diet Turunkan Berat Badan Ilustrasi makanan pelancar ASI/Foto: iStock
Jakarta -

Bagi ibu menyusui masalah yang umum terjadi salah satunya kurangnya produksi ASI. Padahal ASI ini menjadi hal yang penting untuk kesehatan Si Kecil.

Oleh sebab itu, para ibu menyusui setidaknya wajib mengonsumsi makanan pelancar ASI untuk meningkatkan produksi susu. Berikut 10 daftar makanan yang selalu ditemukan di tukang sayur sehingga mudah dan terjangkau untuk Bunda konsumsi.

1. Pepaya muda

Di lingkungan tropis, pepaya sangat mudah ditemukan, tak terkecuali negara Indonesia. Buah satu ini pastinya mudah ditemukan di sekitar rumah Bunda. Maka segera konsumsi agar ASI Bunda lancar untuk Si Kecil.

Banner Wanita RI jadi Buruh di SwediaFoto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

2. Jagung

Bagi ibu menyusui, jagung juga merupakan makanan pelancar ASI. Hidangan dari sayuran satu ini bisa diolah sebagai sup, salad, ataupun sajian manis untuk makanan sehari-hari. Pastinya bahan satu ini juga sangat mudah ditemukan di warung atau pun tukang sayur di lingkungan rumah.


3. Wortel

Selain untuk kesehatan mata, wortel juga sangat baik untuk kualitas ASI ibu menyusui. Sayuran satu ini bisa diolah menjadi jus ataupun sayuran sup yang menyehatkan untuk kesehatan ibu menyusui dan Si Kecil.

4. Bawang Putih

Bawang putih memang banyak dibutuhkan sebagai bahan bumbu di setiap makanan. Namun, salah satu bahan masakan ini juga tak kalah pentingnya untuk meningkatkan produksi ASI. Agar persediaan ASI meningkat, Bunda bisa mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.

5. Yoghurt

Kandungan yoghurt dipercaya sangat berguna sebagai pelancar ASI untuk ibu menyusui. Selain rasanya yang enak, yoghurt bisa disajikan dalam hidangan apapun baik itu jus buah ataupun salad.

6. Bayam

Bayam memiliki kandungan zat besi sehingga tubuh tidak akan mudah lemas. Bagi ibu menyusui, bayam juga memiliki kandungan yang mampu memproduksi ASI lebih banyak. Sayuran satu ini juga sangat mudah ditemukan di rumah bahkan warung atau pasar terdekat.

7. Labu

Labu memiliki kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan bagi ibu menyusui. Kandungan asam folat inilah yang akan membantu perkembangan sel dan jaringan organ bayi melalui ASI yang diberikan.

8. Pare

Sudah banyak yang tahu pare memiliki rasa yang pahit. Meski begitu, nyatanya pare sangat bermanfaat dikonsumsi untuk ibu menyusui. Selain berguna sebagai makanan pelancar ASI, pare juga dapat meningkatkan kesehatan tulang, gigi hingga pembuluh darah Si Kecil.

9. Telur

Telur memang kaya akan protein dan lemak yang berguna bagi ibu menyusui. Kandungan dalam nutrisi telur ini juga bisa memperlancar produksi ASI lebih tinggi serta dapat menjaga energi tubuh bayi agar tetap stabil.

10. Susu rendah lemak

Saat ini sudah banyak produk susu pelancar ASI yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Susu ini merupakan sumber kalsium yang bermanfaat untuk produksi ASI.

Selain mudah dicerna ke dalam tubuh, kandungan yang terdapat dalam susu pun sangat tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan Bunda dan Si Kecil. (PK)

Simak juga video berikut mengenai pijat payudara untuk kesehatan selama ASI, Bun. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!