sign up SIGN UP search


menyusui

10 Penyebab Bayi Menolak Disusui, Bisa Terjadi Saat Bunda Ganti Parfum

Dewi Ratna Rabu, 06 Oct 2021 13:55 WIB
Young mother, holding her sick toddler boy, breastfeeding him at home, sunny living room caption

Ada kalanya bayi menolak disusui karena dipengaruhi beberapa faktor nih, Bunda. Nah jika hal ini terjadi, biasanya bayi mencoba memberi tahu Bunda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuhnya.

Namun, bayi menolak disusui tidak selalu karena ada hal tidak beres atau mereka siap untuk disapih. Ada beberapa penyebab bayi mogok menyusu yang harus diketahui ibu menyusui, seperti berikut ini:

1. Rasa Sakit atau Tidak Nyaman

Tumbuh gigi, sariawan, atau demam biasanya menyebabkan mulut bayi terasa sakit dan tidak nyaman selama menyusu. Selain itu, infeksi telinga juga bisa menyebabkan rasa sakit saat mengisap atau berbaring miring.


Kemungkinan lain yang bisa membuat Si Kecil merasa tidak nyaman adalah cedera atau juga nyeri akibat vaksinasi. Setelah divaksin, biasa bayi akan merasa tidak nyaman pada posisi tertentu saat menyusu, yang mengakibatkan bayi menolak disusui.

2. Sedang Sakit

Jika pada poin sebelumnya dibahas tentang rasa sakit, kali ini adalah sakit yang sedang dialami Si Kecil sendiri. Misalnya saat sedang pilek, biasanya hidung akan tersumbat, sehingga membuat bayi sulit bernapas selama menyusu.

Karena sulit bernapas inilah, akhirnya bayi menolak disusui. Tentu saja karena rasanya juga tidak nyaman, dan bayi akan mencari cara untuk bisa bernapas yang satu-satunya adalah lewat mulut.

Bayi MOGOK ASI Saat MPASI?Bayi Mogok ASI Saat MPASI?/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

3. Stres atau Gangguan Lain

Stimulasi yang berlebihan, menunda menyusui, atau berpisah lama dari Bunda, bisa menyebabkan Si Kecil rewel dan kesulitan menyusu. Selain itu, bisa juga bayi menolak disusui karena kaget saat Bunda bereaksi keras ketika dia menggigit puting saat menyusu.

4. Aroma atau Rasa yang Tidak Biasa

Perubahan aroma di sekitar payudara Bunda juga bisa jadi salah satu penyebab bayi menolak disusui. Bisa jadi perubahan bau tersebut karena Bunda mengganti sabun, parfum, lotion, atau bahkan deodoran.

Selain aroma baru yang bisa membuat Si Kecil kehilangan minat untuk menyusu, perubahan rasa ASI juga berpengaruh. Biasanya hal ini dipicu karena makanan yang dikonsumsi Bunda, obat-obatan, menstruasi, atau Bunda sedang hamil lagi.

5. Pasokan Susu Berkurang

Pasokan ASI yang berkurang juga bisa menyebabkan bayi menolak disusui. Suplai susu yang berkurang ini biasanya terjadi ketika Bunda memberikan susu formula atau menggunakan dot untuk asupan ASI pada bayi.

Selain itu, masih ada penyebab bayi menolak disusui seperti di halaman berikut ini...

Simak juga ya fakta mengenai bingung puting yang bisa membuat bayi menolak disusui dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



COBA CEK PUTING PAYUDARA BUN, BISA JADI PENYEBAB BAYI MENOLAK DISUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!