sign up SIGN UP search


menyusui

6 Tips Mudah dan Jitu Atasi ASI Tersumbat agar Tak Jadi Mastitis

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 16 Nov 2021 20:00 WIB
6 TIPS ATASI PAYUDARA TERSUMBAT ASI, BUSUI PERLU COBA NIH!
Smiling mother breastfeeding her baby daughter while being at home. caption

Inilah saat yang tepat bagi Bunda untuk mengosongkan payudara sepenuhnya. Bunda dapat menyusui bayi dari satu sisi ke sisi lain untuk menyelesaikan menyusui secara maksimal. Payudara yang lembut menjadi pertanda bahwa payudara sudah kosong dan siap memproduksi susu kembali.

Melansir Raising Children, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi payudara tersumbat ASI:

1. Tetaplah menyusui

Teruslah menyusui sampai gejala yang dirasakan menghilang. Karena, ada risiko abses payudara jika Bunda berhenti menyusui selama waktu tersebut. Cobalah mengosongkan payudara sebanyak mungkin ya, Bunda.


2. Pompa ASI 

Bunda, jika payudara terlalu sakit untuk menyusui atau bayi tidak mau menyusu. Bahkan, jika Bunda mengalami infeksi, ASI tetap aman untuk diminum bayi.

3. Beristirahat yang banyak

Pergilah ke tempat tidur, istirahat dan cobalah meminta seseorang untuk menjaga bayi Bunda.

 4. Kompres air hangat

Hangatkan payudara tersumbat ASI yang terasa sakit dengan kain hangat atau mandir air hangat selama beberapa menit sebelum menyusui. Hal in akan membantu memicu refleks let down dimana dapat membantu membersihkan saluran susu yang tersumbat dan menghilangkan rasa sakit. 

5. Variasikan posisi menyusui

Ganti posisi menyusui yang menurut Bunda nyaman sehingga semua saluran ASI Bunda terkuras. Terkadang, payudara tersumbat ASI dapat dimulai dari satu atau dua saluran yang tak terkuras sepenuhnya. 

6. Kompres es

Jika masih tak nyaman, Bunda dapat mencoba kompres es untuk meredakan payudara tersumbat ASI yang membuat tak nyaman. Selain itu, pastikan untuk terus menyusui agar rasa sakit yang dirasakan hilang dengan sendirinya.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!