sign up SIGN UP search

menyusui

4 Tanda Bayi Kenyang ASI yang Jarang Disadari, Salah Satunya Bahagia Bun

Mutiara Putri Selasa, 16 Nov 2021 11:04 WIB
Ilustrasi ibu menyusui Ilustrasi Tanda Bayi Kenyang ASI/Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Air susu ibu (ASI) adalah salah satu asupan penting yang dibutuhkan bayi selama usianya tertentu, Bunda. Meski begitu, ternyata masih banyak Bunda yang tak mengetahui tanda-tanda kalau bayi yang disusui sudah merasa kenyang.

Kebingungan dan ketidaktahuan yang Bunda rasakan adalah hal yang wajar. Bukan tanpa alasan, itu karena tidak ada takaran atau ukuran yang akurat untuk untuk ASI, Bunda.

Menurut seorang konsultan laktasi, Katie Kunz, RNM IBCLC, ternyata bayi yang kenyang bisa memperlihatkan tanda-tanda yang bisa Bunda perhatikan, nih. Misalnya saja bayi jadi terlihat lebih santai.


"Saat kenyang, bayi biasanya tampak santai, puas, dan mungkin tertidur. Biasanya juga bayi akan memiliki telapak tangan yang terbuka dan lengan yang lebih longgar, serta bayi mungkin mengalami cegukan," ujarnya seperti dikutip dari laman Modernmilk.

Tak hanya itu, Kunz juga mengungkapkan kalau Bunda tidak yakin apakah bayi sudah kenyang atau belum, Bunda bisa melakukan beberapa tes, nih. Bunda bisa angkat lengan bayi dan lihat telapak tangannya apakah rileks atau terbuka bahkan mengepal.

Ketika Bunda mendapati lengannya terasa rileks, berarti bayi sudah kenyang. Jika tidak, bayi akan menggunakan tanda-tanda biologisnya untuk menunjukkan kepada Bunda bahwa dia masih ingin menyusui.

Jika masih tak yakin, Bunda dapat mencoba membaringkan bayi yang tak dibedong di atas permukaan yang aman dan rata atau menyerahkannya pada orang lain. Umumnya nih, Bunda, bayi yang kenyang akan terus tidur.

Bunda juga akan merasakan bahwa payudara terasa kosong atau melunak saat bayi selesai menyusu. Jika payudara masih terasa hangat dan kencang, bayi perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengeluarkan ASI.

Banner pola makan rumahan

Tanda bayi kenyang ASI

Ada beberapa tanda bayi sudah merasa kenyang saat diberikan ASI nih, Bunda. Kalau Bunda penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan beberapa tandanya yang dilihat dari laman Healthpartners.

1. Bayi menelan saat menyusu

Saat bayi pertama kali menempel ke payudara, mereka akan mengisap dengan cepat agar ASI mengalir. Tetapi, begitu semuanya berjalan, isapan akan menjadi lebih lambat dan lebih dalam saat mereka menarik ASI ke dalam mulut dan menelannya.

Perhatikan gerakan rahang bayi dan dengarkan suara menelan. Jika Bunda melihat rahang bayi bergerak dan mendengar mereka menelan, setidaknya ini menjadi tanda bayi kenyang ASI.

Klik di halaman selanjutnya untuk melihat tanda lainnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video 5 manfaat pare, salah satunya untuk melancarkan ASI berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BERAT BAYI BERTAMBAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!