sign up SIGN UP search


menyusui

Ini Alternatif ASI untuk Bayi saat Bunda Kesulitan Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 25 Nov 2021 19:50 WIB
Crying little baby in the arms of her mother in a living room. Ilustrasi bayi kekurangan ASI/Foto: iStock

Jakarta - Air susu ibu (ASI) adalah sumber nutrisi utama bayi yang belum bisa mengonsumsi makanan padat. Walaupun pada usia 6 bulan bayi biasanya diberi makanan pendamping ASI (MPASI), Bunda disarankan terus menyusui Si Kecil hingga usia 2 tahun.

Lalu, bagaimana ya bila Si Kecil mengalami kekurangan ASI? Apa saja risiko yang berdampak pada kesehatannya? Simak penjelasan lengkapnya di sini ya Bunda. 

Dr Tedros Adhanim Ghebreyesus, Director General WHO mengatakan bahwa menyusui adalah awal terbaik dalam kehidupan bayi. "ASI bekerja seperti vaksin pertama bayi, melindunginya dari penyakit yang berpotensi mematikan dan memberi bayi semua nutrisi yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup dan berkembang," ujarnya seperti dikutip dari laman WHO.


Menurut Anthony Lake, Direktur Eksekutif UNICEF, menyusui juga menjadi salah satu investasi yang paling efektif dan hemat biaya. Sehingga, sangat penting sekali dipenuhi dengan baik. 

Namun bila bayi lapar dan tidak mendapatkan cukup ASI dari payudara ibu, bayi perlu diberikan suplemen, seperti dikatakan Dr Rosen Carole, Medical Director of Lactation Services and Programs di the University of Rochester Medical Center.

Banner pola makan rumahanBanner pola makan rumahan/ Foto: HaiBunda/Mia

"Jika laktogenesis tidak terjadi dan ibu berada di hari ke-2 atau ke-3 dan bayi tidak mengisap penuh di payudara, mereka akan mengalami penurunan berat badan berlebih, atau mereka tidak buang air kecil atau BAB dengan benar, sudah waktunya bayi mengonsumsi suplemen," katanya.

Saat kondisi itu terjadi, Bunda sebaiknya mencari penyebabnya, apakah karena faktor bayi kesulitan menyusu atau ASI Bunda yang kurang mencukupi. 

Dengan begitu, Bunda dapat memutuskan apakah diperlukan suplemen tambahan atau donor ASI dari orang lain. Hal ini memang perlu didiskusikan baik dengan dokter ataupun konsultan laktasi agar tumbuh kembang bayi bisa tetap berjalan optimal.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 4 makanan yang Bunda hindari saat menyusui di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



ASUPAN LAIN BILA BAYI KEKURANGAN ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!