sign up SIGN UP search


menyusui

4 Gejala Payudara Bengkak saat Menyusui yang Patut Diwaspadai

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 26 Nov 2021 07:25 WIB
Mother breastfeeding her baby boy in arms, sitting on bed. Ilutrasi menyusui/Foto: iStock

Jakarta - Pembengkakan payudara adalah hal yang wajar dialami ibu menyusui. Biasanya, pada kondisi itu payudara akan tampak terlalu penuh dengan susu sehingga membuat tubuh tidak merasa nyaman.

Biasanya, pembengkakan payudara terjadi ketika Bunda yang menyusui menghasilkan lebih banyak ASI daripada yang dikonsumsi buah hati. Tak jarang, payudara akhirnya menjadi lebih kencang dan bengkak sehingga menyulitkan bayi untuk menyusu. 

"Payudara yang membesar bisa sangat tidak nyaman bagi ibu menyusui. Pembengkakan payudara mungkin terjadi pada awal perjalanan menyusui ketika ASI pertama kali masuk dan tubuh masih mencari cara untuk mengatur produksi ASI," ujar Jane Morton, MD, profesor klinis anak di Stanford Medical Center di California seperti dikutip dari laman The Bump.


Morton menambahkan, pembengkakan payudara juga dapat terjadi jika Bunda terlalu lama menyusui atau jika bayi tidak mengeluarkan ASI dengan benar ya, Bunda.

Mengenai pembengkakan payudara yang tampak penuh, ini merupakan gejala normal yang akan hilang dalam beberapa hari saat Bunda menyusui dan tubuh menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Bunda juga tidak perlu khawatir ketika payudara mungkin menjadi sangat membesar jika Bunda tidak sering menyusui bayi atau jika menyusui tetapi tidak mengosongkan payudara Bunda.

Banner Tren Diet KpopBanner Tren Diet Kpop/ Foto: HaiBunda/Mia

Secara bertahap, pembengkakan payudara ini akan hilang jika payudara tidak dirangsang untuk memproduksi ASI. Saat ini, tidak ada obat yang disetujui untuk 'mengeringkan' suplai ASI dan mencegah pembengkakan, seperti dikutip dari laman Uofmhealth.

Yang patut Bunda waspadai yakni gejala pembengkakan payudara yang mungkin muncul dan membuat kondisi semakin memburuk. Jika ini terjadi, jangan abai dan membiarkannya berlarut-larut ya, Bunda. Karena, risiko infeksi dan hal lain yang tak diinginkan sangat mungkin terjadi. Pastikan Bunda mengenali gejalanya dan tetap menjaga kondisi tetap stabil selama menyusui.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tentang 5 tips pencegahan kanker payudara di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



4 GEJALA PEMBENGKAKAN PAYUDARA, NYERI HINGGA DEMAM YANG PATUT DIWASPADAI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!