sign up SIGN UP search


menyusui

4 Gejala Payudara Bengkak saat Menyusui yang Patut Diwaspadai

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 26 Nov 2021 07:25 WIB
4 GEJALA PEMBENGKAKAN PAYUDARA, NYERI HINGGA DEMAM YANG PATUT DIWASPADAI
Close-up Of A Woman's Hand On Breast Suffering From Pain caption

Yuk, kenali apa saja ya, gejala pembengkakan payudara yang mungkin muncul berikut ini, Bunda:

1. Payudara bengkak, kencang, dan nyeri

Jika payudara sangat membesar, biasanya payudara akan membengkak, keras, berkilau, hangat, dan sedikit padat saat disentuh.

2. Puting rata

Area gelap di sekitar puting, areola, mungkin akan menjadi sangat keras dalam kondisi pembengkakan payudara. Dan, kondisi ini membuat bayi kesulitan menyusu. 


3. Sedikit demam

Pembengkakan payudara tak jarang membuat Bunda akan mengalami demam hingga 38 derajat celsius. Tetap tenang dan bersabar sambil Bunda dapat mengompres agar demam membaik.

4. Kelenjar getah bening bengkak

Kelenjar getah bening mungkin akan dirasakan sedikit bengkak dan lunak di ketiak Bunda. Ini dikarenakan tekanan dari payudara yang membengkak. 

Lantas, bagaimana cara mengobatinya ? Nah, jika Bunda mengalami pembengkakan payudara, Bunda dapat mengompresnya dengan air hangat selama beberapa menit sebelum menyusui. Atau, Bunda dapat menggunakan bantuan pompa ASI atau memerah ASI dari kedua payudara.

Bunda juga dapat menyusui lebih sering bayi Bunda. Dan, berhati-hatilah mengosongkan payudara setiap kali melakukannya. Jika semakin membengkak dan nyeri, gunakan ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit dan meringankan gejala pembengkakan payudara yang dirasakan. Saat gejala semakin memburuk, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya, Bunda.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

 

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!