sign up SIGN UP search


menyusui

Mulai dari Putih hingga Pink, Inilah Tahap Perubahan Warna ASI

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 13 Jan 2022 13:31 WIB
Baby bottle with milk and manual breast pump. A lot of full bottles with breast milk on the background. Mother's milk - the most healthy food for newborn Ilustrasi ASI perah/Foto: Getty Images/iStockphoto/Pilin_Petunyia

Jakarta - Bunda menyusui pastinya telah menyadari bahwa warna ASI tidak selalu putih, ada kalanya berubah menjadi kuning. Nah, bagaimana kalau ASI berubah warna menjadi merah muda atau pink?

Terdengar aneh, tapi hal itu nyatanya terjadi pada seorang Bunda di Arkansas, Amerika Serikat. Ia pun membagikan kisahnya dan menjadi viral di TikTok serta media sosial lainnya.

Mungkin terdengar tak lazim ya, Bunda, kalau ASI berubah warna jadi pink layaknya susu stroberi. Hmm, rasanya hampir tidak pernah ada yang mengalaminya. 


Tetapi percaya atau tidak percaya, Jo Johnson Overy membagikan videonya tengah memegang dua botol berisi ASI yang berwarna pink. Tentu saja hal ini membuat banyak mata terbelalak seakan tak percaya.

"Tidak ada yang pernah memberitahu saya bahwa saat saya memiliki bayi dan saya menyusui, ASI saya akan berubah warna," kata Jo.

Melansir Indian Express, ASI biasanya berwarna kuning, putih, bening, krem, cokelat atau semburat biru. Namun, di beberapa pengalaman menyusui, orang mungkin terkejut menemukan bahwa ASI juga dapat berwarna lain, kata para ahli, tergantung pada apa yang dimakan secara teratur.

"Perubahan warna tersebut terjadi setelah ibu mengonsumsi makanan alami seperti bit, atau minuman buah jeruk," kata Dr Vinit Samdani, seorang dokter anak di Bhatian Hospital di Mumbai.

Banner Tanaman Hias dengan HidroponikBanner Tanaman Hias dengan Hidroponik/ Foto: HaiBunda/Mia

Warna ASI juga mungkin kerap terlihat seperti warna hijau, merah muda, atau merah darah. Terkadang, sedikit darah bahkan bisa masuk ke dalam ASI sehingga memberikan warna cokelat atau karat tergantung pada apa yang dimakan, atau apakah ada infeksi, tambah Dr Samdani.

Menurut National Center for Biotechnology Information, ASI dapat berubah warna menjadi pink karena adanya kolonisasi serratia marcescens, bakteri yang terkait dengan beberapa penyakit dan bahkan kematian.

Menurut Dr Ritu Sethi, seorang ginekolog dari Cloud Nine Hospital, darah dalam ASI perlu diperiksa sedini mungkin. "Bisa karena infeksi di payudara, keluarnya darah dari payudara sebelumnya yang mungkin tidak disadari pasien, kanker yang mendasari saluran susu," katanya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 7 manfaat menyusui lebih dari 2 tahun di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MULAI DARI PUTIH HINGGA PINK, INILAH TAHAP PERUBAHAN WARNA ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!