sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Ini Obat Sembelit yang Aman Dikonsumsi saat Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 26 Dec 2021 15:55 WIB
Asian beautiful women feel menstrual cramps and stomachache after menstruation.Hand holding stomach and belly after taking a medication.Problem and disorder of female body. caption

Jakarta - Kondisi sembelit atau konstipasi juga bisa dialami ibu menyusui. Karena sedang dalam proses menyusui bayi, Bunda pun tak bisa sembarang meminum obat untuk mengatasi gangguan pencernaan tersebut.

Meski sudah mencoba dengan cara alami semisal dengan makan banyak serat, ternyata sembelit belum juga teratasi. Lalu apalagi kah upaya yang bisa dilakukan ibu menyusui untuk mengatasi sembelit? Cari tahu yuk!

Setelah melahirkan, fase menyusui memang menjadi tantangan tersendiri ya, Bunda. Bukan saja dinamika menyusui yang perlu dihadapi, tetapi juga perubahan dan permasalahan tubuh saat menyusui, termasuk gangguan sembelit.


Ini memang masalah klasik sih ya, Bunda, terutama pada ibu baru usai persalinan. Namun, enggak perlu khawatir dan panik menghadapi kondisi yang tak nyaman ini ya Bunda. 

"Sembelit bukanlah salah satu komplikasi yang berbahaya meski memang menyakitkan," ujar Jennifer Wider, MD, seorang ahli kesehatan di Fairfield, Connecticut, seperti dikutip dari laman Parents.

Bicara soal sembelit, sedianya gangguan ini memang biasanya dimulai saat hamil, memuncak saat lahir, dan berlanjut selama tahap menyusui. Penyebabnya memang bisa beragam ya, Bunda. Termasuk hormon Bunda yang berfluktuasi, pengobatan pasca persalinan, dan dehidrasi.

Mengenai berapa lama sembelit busui berlangsung, memang tidak dapat dipastikan ya, tentu ini akan berbeda pada setiap busui. Untuk membuat tubuh lebih nyaman saat mengalami sembelit, Bunda dapat mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah, sayur, kacang-kacangan secara konsisten untuk meredakan gangguan sembelit busui.

Banner Kampung Miliuner CilacapBanner Kampung Miliuner Cilacap/ Foto: Mia Kurnia Sari

Kemudian, Bunda juga perlu memenuhi kebutuhan air putih dengan baik. Targetkan 10 hingga 12 gelas sehari agar tinja lebih lunak. Sebab, tanpa air ekstra, serat justru dapat memperburuk sembelit dan menyebabkan gas, kembung, dan refluks.

Selain itu, Bunda juga dapat membarengi aktivitas fisik seperti berolahraga untuk meredakan gejala sembelit busui dan membuat gangguan sembelit busui tak bertambah parah.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang benarkah kopi dapat sembuhkan sembelit di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



PILIH-PILIH OBAT SEMBELIT BUSUI, JANGAN ASAL KONSUMSI YA BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!