Sign Up search


menyusui

Cara Mencegah Ibu Menyusui Sembelit Usai Bersalin

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 29 Dec 2019 10:35 WIB
Cara Mencegah Ibu Menyusui Sembelit Usai Bersalin caption
Jakarta - Menyusui merupakan pengalaman baru untuk sebagian Bunda. Berbagai rasa tidak nyaman mungkin akan dialami Bunda, di awal-awal menyusui si kecil.

Salah satunya, ibu menyusui bisa mengalami sembelit setelah beberapa hari melahirkan. Buang air besar rasanya jadi menyiksa karena feses keras, kering, dan sulit keluar. Duh, rasanya enggak nyaman banget pastinya kan, Bun?


Nah, bagi Bunda yang mengalami hal tersebut, jangan panik dulu. Sebab, sembelit memang jadi permasalahan umum yang dialami para ibu menyusui usai melahirkan.


"Kondisi sembelit memang menyakitkan. Inilah yang perlu Bunda ketahui tentang efek sampingnya yang mengganggu, tidak menyenangkan, dan tidak nyaman dari proses kelahiran," ujar Jennifer Wider, M.D, seorang pakar kesehatan di Connecticut, seperti dikutip dari laman Parents.

Sembelit sebenarnya bisa terjadi sejak awal kehamilan dan puncaknya setelah melahirkan. Pada beberapa orang, sembelit bisa berlanjut hingga pada saat menyusui. Biasanya, beberapa faktor berbeda seperti trauma sistem pencernaan sejak lahir, fluktuasi hormon, obat pascapersalinan, dehidrasi, atau ketakutan bahwa sadar dengan robekan jahitan vagina menjadi beberapa yang jadi alasannya.

Melansir Live Strong, agar kondisi tersebut tidak menjadi parah, Bunda perlu melakukan antisipasi dengan memperbanyak makanan kaya serat dalam asupan harian Bunda.

Cara Mencegah Ibu Menyusui Sembelit Usai BersalinCara mencegah sembelit ibu menyusui/Foto: iStock

Seperti diketahui, serat makanan memainkan peran penting dalam mencegah sembelit. Serat akan menyerap air untuk melunakkan feses dan memberikan jumlah besar di usus untuk menjaga makanan bergerak melalui tubuh. Jadi, pastikan Bunda memenuhi asupan buah, sayur, serta makanan yang mengandung vitamin dan mineral setiap harinya.

Penting juga bagi ibu menyusui untuk minum lebih banyak untuk meringankan sembelit. Air diserap saat bergerak melalui saluran pencernaan Bunda. Kekurangan air akan menyebabkan feses kering dan keras. Selain itu, kebutuhan cairan tubuh akan meningkat ketika menyusui. Untuk itu, minumlah segelas air setiap kali usai menyusui.

Selain itu, Bunda juga harus melakukan banyak aktivitas fisik untuk melancarkan metabolisme. Kurang gerak bisa menjadi salah satu faktor yang bikin ibu menyusui sembelit.


Tapi ingat, pastikan dokter telah memberikan lampu hijau terlebih dahulu pada ibu menyusui untuk melakukan aktivitas fisik sehingga risiko komplikasi persalinan dapat dihindari.

Semoga membantu ya, Bun!

Simak juga nih, Bunda, perawatan yang penting dilakukan untuk ibu menyusui usai melahirkan. Klik video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi