sign up SIGN UP search


menyusui

Kandungan ASI Bunda Ternyata Tergantung Jenis Kelamin Si Kecil Lho

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 13 Jan 2022 09:06 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. Ilustrasi ibu menyusui/Foto: iStock

Jakarta - Saat para Bunda hamil ditanya mendambakan bayi perempuan atau laki-laki, sebagian besar biasanya akan menjawab apa pun yang penting dapat melahirkan dan menyusui dengan sehat.  

Memang sih, tidak ada perbedaan yang signifikan antara melahirkan bayi perempuan dan laki-laki, tetapi tahukah Bunda bahwa ASI yang diproduksi tubuh juga menyesuaikan dengan jenis kelamin bayi?

"Tubuh para ibu menghasilkan resep biologis yang berbeda untuk anak laki-laki dan perempuan," kata Katie Hinde, ahli biologi evolusi di Universitas Harvard, dikutip dari Daily News.


Bayi laki-laki pada umumnya mendapatkan ASI yang lebih kaya lemak atau protein jika dibandingkan dengan bayi perempuan, benarkah? Simak penjelasan berikut ini, ya Bunda.

Kandungan ASI tergantung jenis kelamin bayi

ASI adalah zat yang dinamis yang berubah tergantung pada usia dan kebutuhan bayi. Zat dalam ASI bahkan bervariasi pada tiap tubuh Bunda, tergantung pada jenis kelamin bayinya, apakah laki-laki atau perempuan.

Katie telah meneliti tentang bagaimana ASI dapat membentuk perkembangan imunologi, neurobiologis, dan perilaku bayi. Penelitiannya menemukan bahwa sapi dan monyet menghasilkan susu yang berbeda tergantung pada jenis kelamin bayinya. Misalnya, penelitiannya menemukan bahwa ibu dari :

  • Anak perempuan menghasilkan lebih banyak kalsium dalam susunya.
  • Anak laki-laki menghasilkan susu dengan lemak dan protein yang lebih tinggi, tetapi konsentrasi gula yang lebih rendah.
  • Anak perempuan menghasilkan volume susu yang lebih tinggi.
Banner Model Bosnia DisekapBanner Model Bosnia Disekap/ Foto: HaiBunda/Mia

Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi payudara Bunda untuk membuat susu yang berbeda tergantung pada jenis kelamin bayinya :

  • Seorang ibu berinteraksi secara berbeda dengan bayinya tergantung pada apakah bayinya laki-laki atau perempuan.
  • Pola menyusui anak laki-laki mungkin berbeda dengan menyusui anak perempuan, dan ini dapat mengubah komposisi ASI-nya.
  • Sinyal hormonal dari janin yang sedang berkembang dapat memengaruhi payudara untuk memengaruhi ASI yang diproduksi saat bayinya lahir.

Meskipun mungkin ada sedikit perbedaan nutrisi dalam susu yang diproduksi untuk anak laki-laki dan perempuan, Bunda tak perlu menyesuaikan praktik menyusui dengan jenis kelamin bayi.

“Tidak ada perbedaan dalam cara ibu menyusui anak laki-laki atau perempuan. Pendekatan akan bervariasi berdasarkan kebutuhan bayi atau jadwal ibu, tetapi tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi. Si Kecil memiliki kebiasaan makan, jadwal, favorit sendiri. Posisi, suka dan tidak suka yang membuat mereka unik,” kata Rachael Kish, konsultan laktasi bersertifikat dan salah satu pendiri Imalac, dikutip dari Romper.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan nutrisi pada ASI Bunda? Simak halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang buah-buahan yang baik dikonsumsi ibu menyusui di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENINGKATKAN NUTRISI PADA ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!