sign up SIGN UP search


menyusui

3 Penyebab ASI Kental Seperti Puding, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 30 Dec 2021 18:55 WIB
ASI Perah caption
Jakarta -

Air Susu Ibu (ASI) dapat berubah sesuai kebutuhan bayi lho, Bunda. Tak heran bila Bunda mungkin pernah melihat ASI berubah jadi kental seperti puding.

Studi yang diterbitkan dalam Pediatric Clinicians of North America menjelaskan, tekstur, kekentalan, dan rasa ASI tidak hanya berbeda tergantung kebutuhan bayi. ASI memiliki kapasitas untuk berubah dengan cepat berdasarkan biofeedback dari air liur bayi.

Meski sebagian besar aliran ASI keluar dari payudara dan masuk ke mulut bayi, sebagian air liur akan membuatnya kembali ke saluran payudara melalui hisap balik. Tubuh Bunda pun dipicu untuk mengubah komposisi ASI berdasarkan penanda di air liur.


Jika bayi sakit, maka ASI akan memiliki lebih banyak molekul bioaktif yang diperlukan untuk melawan infeksi. Saat bayi tumbuh menjadi semakin dewasa, ASI akan berubah untuk beradaptasi dengan kebutuhan kalori dan nutrisi, sehingga ASI menjadi kental. Demikian seperti dikutip dari Romper.

Banner Basic Skincare untuk Kulit Glowing

ASI kental perlu diwaspadai bila disertai bau tidak enak atau terlihat basi ya. Namun, ada kalanya ASI kental seperti puding juga aman untuk diberikan ke buah hati. Lalu apa saja penyebab ASI kental?

Mengutip berbagai sumber, berikut 3 penyebab ASI kental seperti puding:

1. ASI merupakan hindmilk

ASI berubah dari ASI awal (foremilk) menjadi ASI akhir (hindmilk). Foremilk cenderung lebih encer dan bening, sementara hindmilk lebih kental.

"Foremilk tinggi kandungan laktosa sehingga dapat membantu perkembangan otak bayi dan memberikan energi. Hindmilk cenderung lebih kental, kaya lemak, dan berperan dalam pertambahan berat badan bayi," kata konselor laktasi, F.B. Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui.

Hindmilk juga lebih mengenyangkan bayi seperti makan utama, Bunda. Perbedaan kandungan foremilk dan hindmilk terjadi bila interval antar waktu menyusui adalah dua jam atau lebih.

ASI kental juga biasanya ditemukan pada perah. Bagian ASI tampak lebih kental dan kuning seperti krim dan mengendap di bagian atas. ASI perah kental bukan berarti rusak atau basi. Bunda cukup menggoyang pelan wadah ASI perah agar ASI bercampur kembali.

"ASI akan terpisah menjadi beberapa lapisan ketika didiamkan selama beberapa waktu di dalam kulkas. Lemak ASI akan naik ke bagian atas," ujar Monika.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga makanan sehat yang wajib dikonsumsi Bunda menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENYEBAB ASI KENTAL: PAYUDARA LUKA HINGGA MAKANAN BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!