sign up SIGN UP search


menyusui

3 Penyebab ASI Kental Seperti Puding, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 30 Dec 2021 18:55 WIB
PENYEBAB ASI KENTAL: PAYUDARA LUKA HINGGA MAKANAN BUNDA
Ibu Menyusui caption

2. Tanda mastitis

ASI atau ASI perah dapat menjadi kental menyerupai gelatin dan rasanya lebih asin. Hal ini bisa jadi pertanda Bunda tengah mengalami mastitis atau payudara luka.

Mastitis adalah peradangan atau infeksi pada payudara yang umum terjadi pada enam minggu pertama kehidupan bayi, atau kapan pun selama Bunda menyusui. Penyebabnya dapat karena infeksi atau saluran ASI tersumbat.

ASI kental yang menjadi tanda mastitis umumnya aman untuk bayi. Namun, mungkin bayi akan menolaknya karena tak terbiasa. Bunda dapat konsultasi ke konsultan laktasi bila khawatir dengan tekstur ASI yang berubah ya.


3. Makanan yang dikonsumsi Bunda

Tekstur dan kekentalan ASI juga ada hubungannya dengan apa yang Bunda makan lho. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, pola makan wanita memang memiliki efek pada kualitas dan tekstur ASI mereka.

Misalnya, Bunda yang makan ikan saat menyusui anaknya memiliki konsentrasi lemak omega-3 yang lebih tinggi dalam ASI daripada Bunda yang tidak makan ikan. Hal ini sama seperti Bunda yang banyak konsumsi makanan kaya vitamin C, cenderung memiliki ASI yang kaya vitamin C. Makanan tidak hanya mempengaruhi senyawa nutrisi, tetapi juga tekstur ASI.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!