sign up SIGN UP search


menyusui

7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Menyusui, Bisa Jadi Camilan Mengenyangkan Bun

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 29 Dec 2021 17:56 WIB
Buah Naga caption
Jakarta -

Buah naga dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan. Manfaat buah naga untuk ibu menyusui juga banyak lho, Bunda.

Buah naga yang ditemukan di Indonesia kebanyakan memiliki daging berwarna merah atau putih. Di dalamnya terdapat biji-biji berwarna hitam.

Buah naga matang memiliki rasa yang manis dan digambarkan mirip dengan campuran rasa buah kiwi dan semangka. Buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi, Bunda.


Nutrisi buah naga

Buah naga cocok dijadikan sebagai makanan camilan. Tak cuma rendah kalori, buah ini juga mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Dilansir Healthline, sebagian besar kandungan buah naga adalah serat makanan.

Dalam satu porsi buah naga atau 277 gram, setidaknya mengandung 136 kalori, 3 gram protein, dan 29 gram karbohidrat. Selain itu, buah ini juga mengandung zat besi, magnesium, kalsium, vitamin C dan E.

Manfaat buah naga untuk ibu menyusui

Buah naga aman dikonsumsi selama menyusui ya, Bunda. Kandungan vitamin dan mineral di buah naga memiliki segudang manfaat untuk Bunda menyusui.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 7 manfaat buah naga untuk ibu menyusui:

1. Sumber zat besi

Ibu menyusui membutuhkan jumlah zat besi yang sama seperti saat dia hamil. Tak heran bila suplemen zat besi juga sering diresepkan pada Bunda menyusui.

ASI sebenarnya mengandung zat besi. Namun, tak ada salahnya Bunda mencukupi kebutuhan zat besi ini dari luar. Selain suplemen, Bunda bisa mendapatkannya dari buah naga lho.

Buah naga kaya akan zat besi yang dapat membantu perkembangan bayi sehat. Selain itu, buah ini juga dapat membantu Bunda cepat pulih usai melahirkan.

2. Menjaga kesehatan tulang

Masalah kesehatan tulang dan kekurangan kalsium sering dikaitkan dengan ibu menyusui. Faktanya, menyusui memang memengaruhi tulang, Bunda.

Dilansir laman National Institute of Health (NIH), penelitian menunjukkan bahwa wanita sering kehilangan massa tulang mereka selama menyusui. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan bayi akan kalsium, yang diambil dari tulang ibu.

Jumlah kalsium yang dibutuhkan ibu tergantung pada jumlah ASI yang diproduksi dan berapa lama waktu menyusui berlanjut. Wanita juga dapat kehilangan massa tulang selama menyusui karena memproduksi lebih sedikit estrogen, yang merupakan hormon untuk melindungi tulang.

Bunda menyusui disarankan untuk menjaga kesehatan tulang untuk mencegah penurunan massa tulang. Salah satu caranya dengan konsumsi makanan kaya kalsium, seperti buah naga.

Buah naga setidaknya mengandung 31 miligram (mg) kalsium. Makan buah naga bisa memenuhi kebutuhan kalsium yang menurun usai melahirkan dan baik untuk perkembangan tulang bayi.

Ibu MenyusuiIlustrasi Ibu Menyusui/ Foto: iStock

3. Kaya antioksidan

Antioksidan dibutuhkan untuk Bunda selama menyusui buah hati ya. Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas penyebab kerusakan sel, peradangan, dan penyakit.

"Studi menunjukkan bahwa makanan tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi," kata ahli nutrisi Makayla Meixner MS, RDN.

Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, seperti vitamin C, betakaroten, likopen, dan betalain. Keempat kandungan antioksidan ini dipercaya bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit kronis.

ASI sebenarnya juga sudah mengandung antioksidan. Tapi, tak ada salahnya mendapatkan antioksidan tambahan yang bermanfaat untuk Bunda ya.

4. Memberikan efek kenyang

Kebutuhan kalori Bunda akan meningkat selama menyusui. Itulah sebabnya, Bunda jadi mudah lapar selama meng-ASI-hi buah hati.

Banyak jenis camilan bisa dikonsumsi selam menyusui, misalnya buah naga. Buah ini cocok dijadikan camilan di antara waktu menyusui karena mengandung serat yang mengenyangkan.

Setidaknya dalam satu porsi buah naga mengandung 7 gram serat. Selain baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna, serat juga bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung, mengelola diabetes tipe 2 dan menjaga berat badan karena memberikan efek kenyang.

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Buah naga mengandung vitamin C dan karotenoid yang bisa meningkatkan imunitas tubuh, Bunda. Keduanya juga merupakan antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas.

"Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan," ujar Meixner.

"Sel darah putih dalam sistem kekebalan dapat menyerang zat berbahaya yang masuk ke tubuh. Namun, mereka juga sangat sensitif terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari bahaya," sambungnya.

6. Menjaga kesehatan saluran cerna

Buah naga juga mengandung prebiotik lho, Bunda. Dikutip dari Web MD, prebiotik merupakan makanan untuk bakteri baik atau probiotik di usus.

Memiliki banyak prebiotik dalam sistem pencernaan dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus. Secara khusus, buah naga bekerja dengan mendorong pertumbuhan probiotik Lactobacilli dan Bifidobacteria.

Di usus, kedua bakteri ini juga dapat membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Keduanya pun dapat membantu mencerna makanan dengan lebih baik.

7. Mengontrol kadar gula darah

Buah naga bagus dikonsumsi Bunda yang khawatir dengan kadar gula darah dalam tubuh. Buah naga ternyata dapat membantu menurunkan kadar gula darah lho, Bunda.

Peneliti mengatakan bahwa kandungan buah ini dapat menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas yang membuat insulin, yakni hormon yang membantu tubuh memecah gula. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui manfaat buah ini untuk mengontrol kadar gula darah.

Simak juga 4 sayuran yang bisa bikin ASI banjir, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!