sign up SIGN UP search


menyusui

5 Penyebab Paling Banyak Mengapa para Bunda Memutuskan Berhenti Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 05 Jan 2022 08:08 WIB
Mother carrying baby son in bedroom, they share moment of love caption

Jakarta - Berhenti menyusui bayi di tengah perjalanan memang jadi keputusan setiap ibu. Karena, tentunya ada beragam alasan yang menyebabkan seorang ibu melakukan hal tersebut, Bunda.

Namun, biasanya penyebab terbanyak mengapa para Bunda berhenti menyusui yakni adanya masalah internal dalam pengalaman menyusuinya.

Memang ya, Bunda, pengalaman menyusui tidaklah seindah yang dibayangkan. Khususnya bagi para ibu baru, sering kali perjuangan menyusui yang berwarna warni langsung membuat mereka mundur untuk tak ingin lagi menyusui buah hatinya.


Melansir BBC, lebih dari separuh ibu baru berhenti menyusui pada saat bayinya berusia enam minggu. Padahal ada banyak rekomendasi yang menyebutkan bahwa ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi. 

Ragam penyebab memang menjadi alasan mengapa para Bunda berhenti menyusui buah hatinya. Di antaranya puting pecah-pecah, infeksi seperti mastitis, masalah dengan posisi menyusu yang benar, atau tuntutan menyusui sambil menjaga anak yang lebih besar sehingga semuanya dapat menghambat pemberian ASI.

"Sebagian ibu juga mengatakan bahwa mereka tidak mendapatkan informasi yang benar. Sembilan puluh persen wanita yang berhenti menyusui karena merasa tidak mendapatkan bantuan dan dukungan yang mereka butuhkan," ujar Rosie Dodds dari National Childbirth Trust.

Padahal, dukungan dari keluarga dekat, pasangan, dan juga rekan-rekan dekat menjadi penting bagi para ibu menyusui. Dan, diperlukan lebih banyak dukungan di seluruh masyarakat untuk menyusui sehingga tidak terlihat abnormal jika seorang ibu mulai menyusui bayinya di restoran. Sayangnya, masih banyak ibu yang merasa tidak bisa menyusui saat mereka berpergian.

Banner Pencerah Wajah KusamBanner Pencerah Wajah Kusam/ Foto: HaiBunda/Mia

Berikut ini beberapa penyebab terbanyak mengapa para Bunda berhenti menyusui. Simak yuk, Bunda, seperti dikutip dari laman Mabelaandmoxie:

1. Merasa kewalahan

Memiliki bayi baru pada umumnya sangatlah melelahkan, terutama bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan. Ada kurang tidur, tuntutan menyusui sepanjang waktu, dan perasaan seperti seluruh dunia mereka berputar di sekitar bayinya. 

Terkadang, stres dari semua kondisi tersebut menjadi terlalu banyak. Sehingga, setiap ibu harus memikirkan cara membuat bayinya menyusu dan apakah cukup susu yang dihasilkan dan tidaklah heran beberapa ibu mungkin merasa menyerah dan beralih ke sufor.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 7 manfaat menyusui lebih dari 2 tahun di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



5 PENYEBAB TERBANYAK MENGAPA PARA BUNDA BERHENTI MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!