sign up SIGN UP search


menyusui

Meski Wajar Terjadi, Mastitis Bisa Berkembang Jadi Infeksi Bun bila Tak Ditangani

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 10 Jan 2022 18:15 WIB
Close-up Of A Woman's Hand On Breast Suffering From Pain caption

Jakarta - Gangguan mastitis mungkin kerap dialami banyak busui di luar sana. Meski merupakan kondisi yang wajar pada ibu menyusui, tetap saja tidak bisa dianggap remeh ya Bunda.

Permasalahan menyusui memang beragam ya, Bunda. Tidak saja soal ASI seret, tetapi juga payudara yang membengkak seperti halnya mastitis. Ya, mastitis adalah sebuah risiko yang memang kerap terjadi pada busui.

Peradangan jaringan payudara ini memang jadi risiko yang sulit dihindari khususnya selama enam bulan pertama menyusui. Sehingga, gangguan ini tidak saja membuat ketidaknyamanan bagi ibu tetapi juga bayi.


"Bayi sebenarnya dapat membantu menyelesaikan mastitis lebih cepat jika menyusu dengan baik," ujar Ashley Gerogakopolous, Motif Lactation Director dan konsultan laktasi, seperti dikutip dari laman Romper.

Risiko mastitis memang bisa dipengaruhi banyak faktor ya, Bunda. Seringnya, mastitis terjadi karena di dalam payudara terdapat sistem saluran yang rumit yang memungkinkan ASI mengalir. Dari waktu ke waktu, beberapa saluran dapat tersumbat dan mencegah ASI mengalir dengan baik.

Banner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan PutusBanner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan Putus/ Foto: HaiBunda/Mia

Penumpukan ini pun bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Jadi, jika salurannya tidak bersih, ASI bisa menumpuk dan menyebabkan payudara menjadi sakit. Akhirnya, payudara bisa terinfeksi dimana berujung pada mastitis.

Saluran yang tersumbat pun bukan satu-satunya alasan busui terkena mastitis. Ini juga dapat disebabkan infeksi bakteri karena bakteri hidup di kulit sehingga yang diperlukan hanyalah satu puting yang retak untuk masuk ke sistem dan menyebabkan peradangan dimana akhirnya menyebabkan infeksi.

Karena itu, saat mastitis dialami tentunya berpotensi menularkan infeksi kepada Si Kecil. Dan, kondisi mastitis yang bertambah buruk pun bisa menjadi risiko berikutnya. 

Beruntung, mastitis terletak di dalam jaringan payudara dan bukan di ASI. Sehingga, busui bisa tetap terus menyusui Si Kecil meski sedang mengalami mastitis. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang penyebab busui alami mastitis berulang di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KETAHUI YUK, BAHAYA MASTITIS YANG SERING TAK DISADARI BUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!