sign up SIGN UP search


menyusui

Saat Payudara Alami Mastitis, Apakah ASI Menjadi Bernanah?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 26 Jun 2022 10:57 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption

Jakarta - Mastitis menjadi gangguan yang memang membuat para Bunda tak merasa nyaman saat menyusui Si Kecil. Apalagi, sering kali mastitis yang dialami sedikit parah dan menimbulkan risiko infeksi sehingga terasa sakit. Lantas, apakah ASI juga bernanah saat payudara tengah alami mastitis?

Secara umum, mastitis merupakan kondisi yang kerap menghampiri ibu menyusui. Sebanyak 1 dari 10 wanita menyusui di ASI mengalaminya. Biasanya, ini disebabkan cadangan susu di saluran susu. Kondisi ini juga terjadi ketika bayi tidak mengisap atau menempel dengan benar atau bayi lebih menyukai satu payudara saja saat menyusu. Selain itu, mastitis juga dapat terjadi ketika Bunda tidak menyusui atau memompa secara teratur.

Secara klinis, mastitis memunculkan kondisi area payudara terasa nyeri, panas, bengkak, demam, sakit menggigil seperti flu dan penyakit sistemik, menurut the American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).


"Ini bukan hanya kondisi yang dapat terjadi pada wanita yang sedang menyusui," kata Jessica Maden, M.D, seorang dokter anak, seperti dikutip dari laman Forbes.

Dipaparkannya bahwa mastitis mutlak dapat terjadi pada ibu menyusui secara eksklusif, menyusui bayi kembar, atau menyusui kombinasi dengan formula. Artinya, jika payudara menghasilkan susu, Bunda berisiko mengalami mastitis.

Banner Ciri Anak Berpotensi CerdasCiri Anak Berpotensi Cerdas/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Ya, sedianya memang ibu menyusui bukan satu-satunya yang terkena mastitis. Pada ibu yang tidak menyusui, puting pecah-pecah atau tindik puting dapat menyebabkan infeksi payudara. Keduanya memungkinkan bakteri masuk ke saluran susu.

Sama seperti infeksi lainnya, kondisi mastitis yakni terjadi dengan jaringan di sekitar area yang terinfeksi menjadi meradang. Dengan mastitis, saluran susu yang terinfeksi menyebabkan payudara membengkak. Payudara juga mungkin terlihat merah dan terasa lembut atau hangat, seperti dikutip dari laman WebMd.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 penyebab mastitis berulang:

[Gambas:Video Haibunda]



APAKAH ASI BERNANAH SAAT MASTITIS?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!