sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Mengatasi Payudara Bengkak pada Bunda Menyusui? Coba Ganti Posisi

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 04 May 2022 13:44 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Aktifitas menyusui tidak hanya memberi manfaat kepada Si Kecil ya, Bunda. Bunda juga mendapat banyak keuntungan melalui rutinitas ini. Dr Rohan Khandelwal, Konsultan, Breast Center, Rumah Sakit CK Birla, mengatakan bahwa dengan menyusui bisa meminimalisir Bunda terkena penyakit tertentu.

“Aktifitas saling menguntungkan antara Ibu dan Bayi adalah menyusui. Di mana ASI memberikan nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi, menyusui mengurangi risiko ibu terkena berbagai penyakit,” Jelasnya pada Indian Express.


Saat Bunda menyusui, aliran ASI dapat meregangkan kulit dan jaringan payudara, Bunda. Akibatnya, payudara Bunda bisa menjadi besar atau mengecil. Banyak Bunda juga khawatir, dengan menyusui akan membuat payudara kendur. Cukup masuk akal ya, Bunda. Sebab menyusui memang membawa dampak perubahan tersendiri pada payudara Bunda. 
 
Di antara perubahan payudara Bunda, salah satunya adalah muncul benjolan atau pembengkakan pada payudara Bunda. Apakah membahayakan ya? Yuk kita simak terus, Bunda.

Penyebab dan jenis benjolan pada payudara Bunda menyusui

Mengutip dari Thehealthsite, perubahan penampilan payudara Bunda tidak hanya disebabkan karena menyusui ya. Tetapi lebih dari menyusui, faktor-faktor seperti genetika, penambahan berat badan selama kehamilan, berapa kali proses kehamilan yang pernah Bunda lalui, ukuran payudara pra-kehamilan yang lebih besar, usia, dan riwayat merokok merupakan hal-hal yang dapat memengaruhi penampilan payudara Bunda.

Meski begitu, benjolan atau pembengkakan payudara saat Bunda aktif menyusui adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan ya. Tetapi jika benjolan berlangsung terus-menerus terjadi mungkin memerlukan pemeriksaan lanjut. Apalagi jika benjolan tidak hilang setelah seminggu atau lebih atau ukurannya bertambah, Bunda bisa segera memeriksakan ke dokter ya. 

Benjolan terus-menerus dapat disebabkan oleh pembengkakan, saluran tersumbat, dan mastitis atau infeksi pada jaringan kelenjar susu di dalam payudara. Jika tidak segera diobati, pembengkakan atau mastitis dapat menyebabkan abses payudara.

Kemungkinan penyebab lain dari benjolan payudara termasuk galactoceles atau kista berisi susu, fibroadenoma atau kista dan tumor jinak, juga sekalipun jarang, benjolan pada payudara juga bisa jadi kanker payudara atau kanker payudara inflamasi, Bunda. 

Bunda, kenali juga penyebab benjolan payudara yang membuatnya bengkak di halaman selanjutnya!

Nah, berikut ada tips meredakan payudara dengan cara alami lho, klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENGATASI PAYUDARA BENGKAK SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!