sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tanda Si Kecil Mulai Kenyang saat Menyusu, Salah Satunya Ia akan Memalingkan Wajah

Amira Salsabila   |   Haibunda Rabu, 12 Jan 2022 08:20 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby Ilustrasi ibu menyusui/Foto: iStock

Jakarta - Bunda, durasi menyusu Si Kecil memang kan berubah sesuai dengan pertambahan usianya. Bayi yang baru lahir sering menyusu setiap 2-3 jam. Pada usia 2 bulan, menyusui setiap 3-4 jam adalah hal biasa, dan pada usia enam bulan, sebagian besar bayi menyusu setiap 4-5 jam.

Bayi yang baru lahir perlu makan terus-menerus, kurang lebih, tetapi perut mereka sangat kecil. Itu membuat menebak apakah mereka masih lapar sedikit lebih sulit bagi Bunda. Lalu apa sih tanda-tanda yang menunjukkan Si Kecil sebenarnya sudah merasa kenyang?

Jadi, mengetahui tanda-tanda Si Kecil kenyang akan membantu Bunda mengetahui kapan waktu makan untuk Si Kecil telah berakhir. Sampai Si Kecil dapat berkomunikasi lebih langsung, ini adalah cara terbaik untuk mengukur apakah Si Kecil sudah kenyang atau belum. Simak berikut ini, ya Bunda.


5 Tanda Si Kecil sudah kenyang menyusu

Berikut ini lima tanda yang dapat Bunda perhatikan jika Si Kecil sudah kenyang menyusu :

1. Menutup mulutnya

Jika Si Kecil terlihat menutup mulutnya saat diberi makan dan menolak untuk membukanya, itu artinya Si Kecil sudah kenyang dan tidak ingin menyusu lagi. Jika Si Kecil sudah menutup mulutnya meskipun Bunda berusaha membukanya dengan paksa, Si Kecil tetap tidak tertarik untuk makan.

2. Memperlambat kecepatan menyusu

Pada awalnya Si Keci sangat lapar, oleh karena itu ia akan segera meminum susu. Namun, menjelang akhir ketika Si Kecil sudah merasa kenyang, ia akan memperlambat langkahnya dan bermain dengan makanannya.

Banner Model Bosnia DisekapBanner Model Bosnia Disekap/ Foto: HaiBunda/Mia

3. Tertidur

Si Kecil cenderung tertidur saat perutnya penuh. Jika Si Kecil tertidur saat menyusu, itu berarti dia tidak lapar lagi. Bunda tidak perlu mengganggu tidurnya dengan membangunkannya untuk mengisi perutnya karena sepertinya Si Kecil sudah kenyang.

Karena perut bayi kecil, mereka dapat mencapai kepuasan dalam waktu singkat dan mulai mengantuk.

4. Bayi tampak bahagia

Sebagai orang tua, Bunda mungkin sangat terbiasa dengan suasana hati Si Kecil. Jadi, jika Si Kecil tampak bahagia setelah menyusu, dia mungkin sudah kenyang dan puas. Bunda dapat bersantai mengetahui Si Kecil dirawat dengan baik dan menghemat energi Bunda untuk menyusui berikutnya.

5. Memalingkan wajahnya

Seorang bayi akan memalingkan kepalanya dari payudara Bunda atau botol jika ia sudah kenyang. Ini adalah salah satu tanda yang paling mudah untuk mengetahui apakah Si Kecil masih lapar atau tidak.

"Jika bayi berpaling sebelum botolnya habis atau sebelum waktu menyusui yang biasa Anda habiskan, terimalah kenyataan bahwa dia mungkin tidak lapar sekarang," kata Alanna Levine, dokter anak di The Bump, dikutip dari Romper.

Lalu, bagaimana cara membujuk Si Kecil untuk menyusu? Simak di halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang makanan yang wajib dikonsumsi ibu menyusui di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MEMBUJUK BAYI UNTUK MENYUSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!