sign up SIGN UP search


menyusui

5 Posisi Menyusui yang Bikin Bayi Cepat Kenyang, Coba yuk Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 18 Dec 2021 14:57 WIB
Mother breastfeeding baby son in bedroom, they enjoy in this moment together caption

Jakarta - Posisi menentukan prestasi. Sepertinya itulah gambaran bagaimana posisi menyusui memegang peranan penting dalam kesuksesan program menyusui Bunda. Maka itu, Bunda juga perlu tahu apa saja kah posisi menyusui yang akan membuat bayi kenyang.

Seringnya nih, banyak Bunda yang bingung kenapa bayi masih rewel dan meminta menyusu padahal mereka sudah cukup lama mengisap payudara Bunda. Hmm, jadi pusing sendiri kan, Bunda, kalau sudah begini.

Nah, kalau Bunda juga mengalaminya, coba deh, cek kembali bagaimana teknik menyusui yang Bunda lakukan. Meski aliran ASI lancar, tetapi kalau posisi menyusui kurang tepat, Si Kecil juga tak bisa menyerap ASI dengan maksimal lho.


Itulah mengapa mengetahui posisi menyusui agar bayi kenyang sangatlah penting ya, Bunda. Apalagi, tak jarang bayi menyusu dengan tergesa-gesa. Bunda pun akhirnya tidak terlalu memperhatikan apakah mereka benar-benar mengisap dengan baik atau sekadar menempelkan mulutnya ke payudara Bunda.

Biasanya nih, Bunda, saat lapar, bayi akan menarik payudara lebih dalam dan Bunda akan melihat rahang mereka membuka dan menutup dengan gerakan yang konsisten dan berirama. Serta, Bunda akan melihat bayi menelan di bawah dagunya dan mendengar suara setiap 1-3 isapan.

Oh ya, Bunda, bayi yang kelaparan juga akan tampak dengan tubuh yang tegang dan siku yang kaku sambil mengepalkan tangan yang kencang saat ia secara berirama mengisap payudara dengan ritme tarikan yang konsisten.

Seiring berjalannya waktu menyusu, bayi mungkin aman bergerak lambat dalam mengisap dan akhirnya tertidur, seperti dikutip dari laman Modernmilk.

Banner Kampung Miliuner CilacapBanner Kampung Miliuner Cilacap/ Foto: Mia Kurnia Sari

Walau tampak baik-baik saja dalam menyusu, memperhatikan posisi menyusui agar bayi kenyang juga menjadi hal yang perlu lakukan ya, Bunda. Apalagi, poin ini menjadi kunci penting kesuksesan proses menyusui.

Perlu Bunda tahu bahwa ketika bayi kenyang dan menyerap nutrisi ASI dengan maksimal tentunya akan mendukung tumbuh kembang bayi secara optimal. Sebaliknya, ketika bayi tidak menyerap ASI secara maksimal tentunya tumbuh kembangnya terganggu karena kurangnya nutrisi yang diserap saat menyusu.

Untuk itu, perhatikan posisi menyusui yang benar mulai saat ini sehingga tidak saja membuat Bunda dan buah hati merasa nyaman tetapi juga menunjang keberhasilan menyusui.

"Satu-satunya jenis posisi menyusui yang tepat ialah posisi yang nyaman dan paling cocok untuk Bunda dan bayi," ujar Natasha K Sriraman, MD, profesor dari Rumah Sakit Anak King Daughter di Norfolk, Virginia, seperti dikutip dari laman The Bump.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang posisi menyusui agar bayi tenang di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



SEPERTI APA POSISI MENYUSUI AGAR BAYI CEPAT KENYANG?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!