sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tips Atasi ASI Drop Saat Kembali WFO, Working Mom Perlu Tahu Nih

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 10 Oct 2021 20:27 WIB
Ibu bekerja menyusui caption

Jakarta - Arahan untuk kembali WFO, membuat sebagian Bunda menyusui merasakan kecemasan tersendiri. Perubahan kebiasaan dengan jadwal baru bisa memicu ASI seret, itu sebabnya harus segera diatasi agar tak mengganggu proses menyusui.  

Berbeda ketika di rumah yang Bunda bisa menyusui kapan saja, saat di kantor tentu Bunda perlu memompa ASI lebih sering. Nah, permasalahannya nih, Bunda, agenda memompa ASI itu tidaklah semudah yang dibayangkan. Kesibukan pekerjaan ditambah dengan rasa lelah lebih dari biasanya bisa membuat produksi ASI drop.

Seringkali, kerjaan di kantor overload dan makan pun jadi tak teratur. Sehingga, hal tersebut berimbas pada ASI drop saat kembali WFO. Padahal, ketika di rumah atau masih WFH, suplai ASI Bunda aman-aman saja. 


Kondisi ini pun tak dipungkiri membuat para working mom jadi galau dan tak sedikit yang semakin stres karena risiko pasokan ASI berkurang untuk buah hati di depan mata.

"Tidak ada formula ajaib untuk meningkatkan suplai ASI selain sering-sering dan benar-benar mengosongkan ASI," ucap Wendy Wisner, IBCLC, konsultan laktasi di New York, seperti dikutip dari laman Nytimes.

Ya, saat Bunda kembali bekerja dan pasokan ASI tetap aman, sangat penting untuk memastikan apakah Bunda selalu memompa ASI dengan rutin sesuai jam menyusu bayi yakni 2-3 jam sekali. Dengan begitu, payudara pun akan terus memproduksi ASI sesuai kebutuhan.

Infografis tentang tips memompa ASI di kantor selama masa pandemi.Infografis tentang tips memompa ASI di kantor selama masa pandemi./ Foto: Mia Kurnia Sari

Permasalahan ini memang tak mudah dilewati ya, Bunda. Apalagi, transisi kembali ke dunia kerja dan penyesuaian kerja membuat tubuh semakin stres karena terbebani banyak hal. Ditambah lagi, fakta bahwa pompa terbaik pun bukanlah pengganti yang sempurna untuk bayi. 

Dan, ruang serta waktu istirahat seringkali kurang ideal untuk memompa sehingga adaptasi ini akan mengejutkan jika Bunda kembali WFO. Tak ayal, ancaman ASI drop saat kembali WFO pun sulit dihindari.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk tahu bagaimana cara mengatasi ASI seret saat kembali WFO!

Bagi para Bunda yang bekerja, simak tips memerah ASI dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



COBA POMPA ASI SESERING MUNGKIN HINGGA JAGA BONDING DENGAN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!