sign up SIGN UP search

menyusui

7 Manfaat Vitamin E untuk Ibu Menyusui, Sumber Antioksidan yang Bisa Cegah Anemia

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 14 Apr 2022 11:50 WIB
Ibu Menyusui caption
Jakarta -

Vitamin E menjadi salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan selama menyusui, Bunda. Vitamin ini tak hanya bermanfaat untuk Busui, tapi juga bayi yang menyusu.

Vitamin E sebenarnya ada di dalam ASI. Kandungan vitamin ini banyak ditemukan di kolostrum atau ASI pertama yang diberikan ke bayi.

"Makanan pertama bayi disebut kolostrum dan ini kaya akan vitamin E," kata penulis buku The Encyclopedia of Vitamin E, Victor R. Preedy dan Ronald Ross Watson, dilansir Live Strong.


Seiring bertambahnya usia, bayi perlu mendapatkan asupan vitamin E melalui ASI. Namun, ibu menyusui mungkin perlu menambah asupan vitamin E untuk mencapai dosis harian yang direkomendasikan.

Suplementasi vitamin E aman digunakan bila bertujuan untuk meningkatkan kadar vitamin E di ASI atau meningkatkan kecukupan vitamin ini pada bayi yang menyusu. Meski begitu, penggunaan harus sesuai dosis ya, Bunda. Dosis Vitamin E untuk wanita menyusui berusia 14 sampai 50 tahun adalah 19 miligram (mg).

Suplementasi vitamin E memang tidak dilarang pada Bunda menyusui. Tapi, sebaiknya Bunda konsultasi dahulu ke dokter atau konsultan laktasi guna mengetahui dosis dan manfaatnya ya.

Ibu MenyusuiIlustrasi Ibu Menyusui/ Foto: iStock

Sumber vitamin E dari makanan

Selain suplementasi, Bunda bisa mendapatkan vitamin E dari makanan sehari-hari lho. Melansir dari berbagai sumber, berikut daftar makanan yang mengandung vitamin E:

1. Almond

Kacang almond mengandung vitamin E yang dapat dikonsumsi selama menyusui. Kacang almond sendiri telah dikenal sebagai ASI booster, Bunda. Setidaknya dalam 1 ons kacang almond mengandung 7,3 mg vitamin E yang dapat membantu mencukupi kebutuhan harian.

2. Ikan salmon

Ikan salmon dapat menjadi pilihan makanan selama menyusui nih. Dalam 100 gram ikan salmon mengandung sekitar 1,1 mg vitamin E.

3. Alpukat

Dalam 100 gram alpukat mengandung 2,07 miligram (mg) vitamin E. Di antara banyak buah, alpukat termasuk yang kaya vitamin E.

4. Buah kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin E atau tokoferol. Setidaknya dalam 100 gram buah kiwi mengandung 1,46 mg vitamin E.

5. Buah bit

Dalam 100 gram buah bit matang mengandung 1,81 mg vitamin E. Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi peradangan, Bunda.

Avocado on old wooden table in bowl. Halfs of avocados fresh fruits healthy food.Buah Alpukat Sumber Vitamin E/ Foto: iStock

Manfaat vitamin E untuk ibu menyusui

Beragam manfaat bisa Bunda dapatkan dengan mengonsumsi sumber makanan kaya vitamin E selama menyusui. Berikut 7 manfaat vitamin E untuk ibu menyusui:

1. Mencegah anemia

Vitamin E adalah nutrisi penting yang dapat membantu mencegah anemia pada bayi. Anemia adalah penurunan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh bayi.

Menurut ulasan di Kids Health, anemia dapat menyebabkan kelelahan yang ekstrem serta membuat organ dalam bayi menjadi stres. Jika tubuh Bunda kekurangan vitamin E, bayi kemungkinan akan sulit mendapatkan asupan ini dari ASI.

2. Sumber antioksidan

Vitamin E adalah antioksidan yang dapat mencegah tubuh terpapar radikal bebas. Antioksidan sangat dibutuhkan selama Bunda menyusui agar terhindari dari stres oksidatif.

"Studi menunjukkan bahwa makanan tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi," kata ahli nutrisi Makayla Meixner MS, RDN, dilansir Healthline.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Menjaga kesehatan jantung sangat penting selama menyusui. Bunda bisa memenuhi asupan vitamin E untuk mengurangi risiko penyakit jantung nih.

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin E dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung pada beberapa orang. Risiko ini termasuk pada orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan LDL (low-density lipoprotein) tinggi.

4. Kesehatan kulit

Vitamin E telah dikenal sebagai salah satu vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin ini dapat membantu mengatasi eksim, mengurangi peradangan, hingga menjaga elastisitas kulit.

5. Membantu perkembangan otot bayi

Menurut penulis buku Eat Well, Lose Weight While Breastfeeding, Eileen Behan, vitamin E dapat membantu melindungi otot, sistem kardiovaskular, dan saraf bayi. Vitamin E diperlukan untuk metabolisme, terutama bila bayi mengalami kelemahan atau degenerasi otot-otot yang sedang tumbuh.

6. Menjaga kesehatan paru-paru

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin E dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan gejala asma pada anak-anak dan orang dewasa. Tingkat vitamin E yang rendah disebut dapat membatasi kadar oksigen mencapai paru-paru, Bunda.

7. Menjaga kesehatan mata

Aktivitas antioksidan vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan mata dan degenerasi makula. Studi menemukan, vitamin E membantu mengurangi stres oksidatif seluler retina atau daerah makula mata. Studi tambahan juga menemukan korelasi antara peningkatan vitamin E dan tingkat perkembangan degenerasi makula yang lebih lambat.

Simak juga daftar makanan pelancar ASI untuk Bunda pasca melahirkan caesar, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!